Sukses

Ledakan Hebat di Pasar Kembang Api Meksiko, 26 Orang Tewas

Sejumlah besar kembang api melesat dan meledak di udara saat tersulut api di Meksiko. Akibatnya, maut.

Liputan6.com, Jakarta Ledakan hebat terjadi di sebuah pasar kembang api San Pablito, 32 kilometer di luar Mexico City, Meksiko. Akibatnya, 26 orang tewas dan banyak lainnya yang terluka.

Video dari lokasi kejadian menunjukkan, sejumlah besar kembang api melesat dan meledak di udara saat tersulut api. Area kemudian ditutupi awan gelap yang tebal.

Puluhan paramedis dan polisi bergegas mendatangi lokasi kejadian. Hingga berita ini diturunkan, penyebab ledakan belum diketahui.

Gubernur Eruviel Avila mengatakan, prioritas utama adalah untuk merawat yang terluka. Ia juga memerintahkan pejabat setempat untuk memantau situasi di lapangan.

Foto dari polisi dan tenaga medis di tempat kejadian menunjukkan, sejumlah orang terluka di kios-kios pasar yang hancur, dengan bangunan bata gosong akibat panas.

"Suara ledakan terdengar. Kami menyangka asalnya dari pabrik pembuat kembang api," kata penduduk setempat, Alejandra Pretel, seperti dikutip dari BBC, Rabu (21/12/2016).

Namun, tak lama kemudian, perempuan itu menyadari bahwa ledakan berasal dari pasar kembang api.

"Para tetangga mengaku merasakan segala sesuatu bergetar. Namun, aku langsung berlari menyelamatkan diri, dan tak merasakannya," ia menambahkan.

Ledakan hebat terjadi di pasar kembang api di Meksiko (Reuters)

Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto, merespons kejadian tersebut. Lewat Twitter, ia mengucapkan dukacita pada keluarga korban.

Presiden berharap mereka yang terluka akan segera pulih. Ia juga menyampaikan, anggota pasukan pertahanan dikerahkan untuk menangani situasi darurat.

Pasar San Pablito rusak berat akibat kebakaran serupa pada September 2005, ketika rantai ledakan sebelum perayaan hari kemerdekaan negara itu melukai puluhan orang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini