Sukses

2016 Jadi 'Tahun Kematian' Para Tokoh Dunia, Siapa Saja?

Berikut ini daftar kematian para tokoh dunia dalam 4 tahun terakhir. Data terbanyak tercatat pada 2016. Mengapa demikian?

Liputan6.com, London - Kematian bisa datang kapan saja. Dalam hitungan detik, menit, hari, bulan atau tahun. Maut juga tak memilih, bisa menghampiri orang kebanyakan maupun tokoh terkenal.

Pada 2016, seperti dikutip dari BBC, Jumat (16/12/2016), tercatat sejumlah tokoh terkenal dari kalangan selebritas meninggal dunia. Di antaranya David Bowie, Prince, Harper Lee, Alan Rickman, Nancy Reagan, Muhammad Ali, Sir George Martin, Victoria Wood, Leonard Cohen.

Bagi para pengagum mereka, 2016 merupakan tahun yang menyedihkan. Karena idola mereka telah pergi untuk selama-lamanya.

Pada bulan April, Editor Obituari BBC Nick Serpell bertugas memeriksa apakah ada sesuatu yang aneh tentang jumlah orang-orang terkenal yang meninggal setelah klaim di media sosial.

Dia lantas menghitung jumlah berita kematian BBC yang berkumandang di radio, TV dan online dari Januari hingga akhir Maret untuk periode tahun 2012-2016.

Dan pada saat itulah ia menemukan bahwa hanya tiga bulan pertama tahun 2016 telah terjadi peningkatan besar kematian orang-orang ternama . Dari data tersebut ditemukan bahwa jumlah orang terkenal yang tewas dua kali lebih banyak dibandingkan dengan periode yang sama pada 2015, dan lima kali lebih banyak dari 2012.

Penghitungan seperti demikian dianggap cara yang cukup 'kasar' mengukur kematian selebriti.

BBC tidak selalu membuat obituari untuk setiap selebriti yang meninggal. Orang-orang yang tak termasuk dalam selebriti papan atas juga tak masuk dalam hitungan. Penyiar televisi AS David Gest misalnya, ia tidak mendapatkan obituari BBC.

Dalam analisanya, Serpell hanya menghitung obituari yang sudah disiapkan daripada yang ditulis setelah kejadian atau laporan berita yang menyebutkan seseorang telah meninggal.

Ketika 2016 tinggal menghitung hari, kita bertanya-tanya apakah tahun ini menjadi puncak kematian orang-orang terkenal dunia?

Dalam kenyataannya, Serpell mengatakan, belum tentu.

"Enam bulan terakhir tahun ini jumlahnya bertambah dari enam bulan terakhir pada empat atau lima tahun lalu," kata Serpell. "Lonjakan tak terjadi selama 12 bulan."

Di sepanjang tahun 2016, ada peningkatan 30% penggunaan obituari yang telah dipersiapkan BBC, dibandingkan pada 2015.

"Pada 2012, kami memiliki total 16. Pada 2013, bertambah jadi 24. Lalu 2014, naik lagi jadi 29. Pada 2015 bertambah sedikit menjadi 32. Untuk tahun 2016, per tanggal 15 Desember itu sudah ada 42 orang yang meninggal dunia (yang obituarinya telah disiapkan)," jelas Serpell.

"Tapi lebih dari setengah kematian terjadi dalam empat bulan pertama tahun 2016," kata Serpell. "Kemudian sisanya kembali ke angka yang kita anggap normal selama empat atau lima tahun terakhir."

Serpell berpikir bahwa peningkatan ini tidak terlalu mengejutkan. Sebab, kita telah memasuki masa setengah abad perkembangan TV dan budaya pop sejak tahun 1960. Pada periode itulah, orang-orang yang kini terkenal, mulai bermunculan. 

Berikut ini daftar kematian tokoh terkenal dalam periode 4 tahun lalu, dikutip dari BBC, Jumat (16/12/2016):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tokoh Dunia yang Meninggal dalam 4 Tahun Terakhir

2012:

Etta James, Davy Jones, Eve Arnold, Bob Holness, Whitney Houston, Neil Armstrong, Donna Summer, Robin Gibb, Ravi Shankar, Larry Hagman, Vidal Sassoon, Gore Vidal, Gerry Anderson, Andy Williams.

Januari-Maret: 5
April-Desember: 9
Total: 16

2013:

Frank Thornton, Richard Griffiths, Michael Winner, Tony Gubba, Hugo Chavez, Kenny Ball, Robert Kee, Richard duri, David Coleman, Ronnie Biggs, Peter O'Toole, Nelson Mandela, Baroness Thatcher, John Taverner, John Cole, Lou Reed, David Jacobs, Sir David Frost, Seamus Heaney, Cliff Morgan, Mel Smith, Alan whicker, Tom Sharpe.

Januari-Maret: 8
April-Desember: 15
Total: 24

2014:

Ariel Sharon, Run Run Shaw, Sir Tom Finney, Sir Christopher Chataway, Simon Hoggart, Elizabeth Jane Howard, Eusebio, Tony Benn, Clarissa Dickinson-Wright, Roger Lloyd Pack, Shirley Temple, Maya Angelou, Lauren Bacall, Richard Attenborough, Joan Rivers, Lynda Bellingham, Acker Bilk, PD James, Joe Cocker, Billie Whitelaw, Gabriel Garcia Marquez, Eli Wallach, Saeed Jaffrey, Robin Williams, Rik Mayall, Sir Jack Brabham, Tuhan Bannside (Ian Paisley), Sir Donald Sinden, Jeremy Lloyd.

Januari-Maret: 11
April-Desember: 18
Total: 29

2015:

Geradine McEwan, Richard Meade, Derek Chinnery, Lee Kuan Yew, Terry Pratchett, Demis Roussos, Raja Abdullah, Rod McKuen, Dan Topolski, Leon Brittan, Sam Simon, Leonard Nimoy, Richie Benaud, Jimmy Hill, Keith Michell, Sue Lloyd -Roberts, Omar Sharif, Cilla Hitam, BB King, Lemmy Kilmister, Warren Mitchell, Colin Welland, Maureen O'Hara, Brian Sewell, George Cole, Val Doonican, Christopher Lee, Hugh Scully, Baron (Geoffrey) Howe, Baron (Denis ) Healey, Charles Kennedy, Nicholas Winton.

Januari-Maret: 12
April-Desember: 20
Total: 32

2016:

Ed Stewart, Baron (Cecil) Parkinson, Paul Daniels, Cliff Michelmore, Lord Avebury (Eric Lubbock), Nancy Reagan, Pierre Boulez, David Bowie, Frank Finlay, Alan Rickman, Sir Terry Wogan, Margaret Forster, John Chilton, Ronnie Corbett, Zaha Hadid, Barry Hines, Peter Maxwell Davies, Harper Lee, Sir George Martin, Robert Stigwood, Glenn Frey, Boutros Boutros Ghali, Tony Warren, Victoria Wood, Garry Shandling, Leonard Cohen, Andrew Sachs, Gene Wilder, Caroline Aherne, Muhammad Ali, Carla Lane, Pangeran, Sir Jimmy Young, Fidel Castro, Robert Vaughn, Arnold Palmer, Elie Wiesel, Shimon Peres, Burt Kwouk, Peter Shaffer, Greg Lake, Peter Vaughan.

Januari-Maret: 24
April-Desember: 18
Total: 42

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.