Sukses

Para Perempuan Paling Cantik di Korut Bermimpi Jadi Polantas

Menjadi polantas adalah pekerjaan paling prestisius di antara perempuan cantik di Korea Utara.

Liputan6.com, Pyongyang - Perempuan berwajah elok kerap kali wara-wiri di panggung fashion atau tampil menghibur di layar kaca. Tapi bukan menjadi model atau gadis penghibur yang diimpikan para perempuan paling cantik di Korea Utara. Melainkan, jadi polisi lalu lintas atau polantas.

Mereka umumnya dipilih secara langsung karena kecantikannya. Para polantas perempuan di Pyongyang mudah terlihat di setiap perempatan di ibu kota. Di mana, lalu lintas di wilayah itu makin ramai.

Jangan salah, menjadi polantas adalah pekerjaan paling prestisius di antara perempuan cantik di Korea Utara. Selama mereka tinggi dan cantik.

Polantas di perempatan jalan di Pyongyang mungkin adalah salah satu simbol di ibu kota. Meskipun pemandangan serupa bisa ditemukan di jalanan di kota besar lainnya di Korut. Demikian seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (16/12/2016).

Tugas polantas di Pyongyang tak hanya mengatur lalu lnitas, mereka juga wajib memberi hormat jika rombongan militer atau pemerintahan lewat.

Herannya, para perempuan itu sendiri yang mengkultuskan profesi mereka. Bahkan ada situs yang berdedikasi kepada mereka dengan memberikan gelar, 'Polantas Pyongyang Bulan Ini'.

Salah satu website juga memiliki permainan dan forum di mana para penggila polantas Pyongyang bisa berbagi pesan, dan bahkan puisi untuk mengekspresikan perasaan mereka terhadap perempuan berseragam biru gelap itu.

Masalahnya bukan di dunia maya saja para polwan polantas itu dijunjung seperti itu. Para perempuan Korut sendiri sangat terobsesi untuk menjadi seperti itu.

Gambar-gambar polantas perempuan mudah ditemukan di perangko, selebaran, poster dan billboard sebagai bentuk propaganda. Bahkan boneka polantas perempuan pun ada.

Pada tahun 2014, polantas berusia 22 tahun bernama Ri Kyong-sim diberi penghargaan sipil tertinggi, 'Pahlawan bagi Republik' karena telah membantu keamanan lalu lintas di jalanan Korut yang nyaris sepi.

Namun, rumor menyebut, perempuan itu sebenarnya berhasil menyelamatkan Kim Jong-un dari percobaan pembunuhan yang gagal.

Upacara besar-besaran pun terpampang di televisi negara. Dan Ri, kini punya laman fan-page sendiri di situs Pyongyang Traffic Girls.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.