Sukses

Keren, Laba-Laba Ini Mirip Topi Harry Potter

Laba-laba Eriovixia gryffindori itu berukuran hanya 7 mm, mirip dengan artefak magis dalam serial Harry Potter.

Liputan6.com, Jakarta - Seekor laba-laba memiliki penampilan yang luar biasa mirip dengan topi dalam film Harry Porter bernama sorting hat. Hewan arthropoda itu ditemukan oleh para ilmuwan di India.

Laba-laba Eriovixia gryffindori itu berukuran hanya 7 mm, mirip dengan artefak sihir dalam film seri Harry Potter. Nama tersebut diambil dari Godric Gryffindor, pemilik topi dalam cerita fiksi itu.

Serangga itu ditemukan di wilayah barat pegunungan Ghats di barat daya India.

"Kami sedang menjelajah daerah itu (ketika) bertemu dengan si laba-laba," ucap Javed Ahmed, salah satu dari tiga peneliti yang menemukan laba-laba, kepada BBC Five Live yang dilansir Kamis (15/12/2016).

"Ketika kami menemukannya, kami memutuskan bahwa kami akan memberi nama dari topi di film Harry Potter itu," kata salah satu penggemar film tersebut.

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan oleh India Journal of Arachnology, para ilmuwan menyebut bahwa laba-laba seperti syair pujian untuk menarik perhatian sesuatu yang menarik, tetapi sering diabaikan dunia invertebrata.

Laba-laba kerap menyaru sebagai dedaunan kering untuk bersembunyi dari predator.

Temuan itu kemudian diberitahukan kepada si penulis buku Harry Potter, JK Rowling melalui Twitter.

"(Rowling) benar-benar senang. Dia bilang dia merasa terhormat dan mengucapkan selamat kepada kami," tulis Ahmed.

"Berapa banyak ahli ilmu pengetahuan dan kutu buku yang memberikan nama sebuah spesies dari karakter favorit dan diberikan ucapan selamat oleh si penulis?" ungkap Ahmed.

Penemuan ini bertepatan dengan rilis terbaru dari Harry Potter, Fantastic Beasts and Where to Find Them, yang menceritakan kisah seorang sihir zoologist pencinta hewan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini