Sukses

Presiden China Sampaikan Surat Ucapan Duka Gempa Aceh ke Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Bencana gempa Aceh telah menjadi perhatian dunia. Beberapa negara mengucapkan duka cita atas bencana alam ini terutama bagi masyarakat Nangroe Aceh Darussalam.

Salah satu ucapan keperihatinan diungkapkan oleh Presiden China, Xi Jinping secara pribadi kepada Presiden Joko Widodo.

"Saya sangat terkejut dengan kejadiangempa yang merenggut nyawa di Aceh, Indonesia, dan sedih dengan kerusakan parah serta hancurnya rumah-rumah yang diakibatkannya," tulis pernyataan Presiden Xi Jinping seperti dikutip oleh Liputan6.com dari surat resminya kepada Jokowi pada Kamis (8/12/2016).

Xi mewakili pemerintah dan rakyat Tiongkok mengucapkan duka cita kepada korban jiwa dan simpati bagi mereka yang terluka.

"Indonesia adalah tetangga China terdekat. Kami bersimpati atas tragedi yang menimpa Indonesia," lanjut Presiden Xi.

Orang nomor satu Negeri Tirai Bambu itu juga menyatakan siap membantu kapanpun Indonesia membutuhkannya.

"Kami siap dimintai bantuan jika Indonesia membutuhkan. Saya percaya di bawah kuatnya kepemimpinan Jokowi, dan Pemerintah Indonesia, rakyat Indonesia bisa menghadapi ini semua dan membangun kembali negerinya," tutup Presiden Xi.

Surat senada disampaikan oleh Menteri Luar Negeri China Wang Yi kepada koleganya Menlu RI, Retno Marsudi.

Organisasi Palang Merah Tiongkok (Red Cross of China) juga mengucurkan bantuan sebesar US$ 100 ribu pada Indonesia untuk menfasilitasi penanganan bencana serta upaya rekonstruksi pascagempa di Aceh.

Pada Rabu, 7 Desember kemarin, gempa berkekuatan 6,5 SR mengguncang daerah Pidie, Aceh. Gempa itu terjadi pada titik 5,25 derajat LU dan 96,24 derajat BT, di mana pusat gempa terjadi di darat pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 10 km.

Gempa Pidie menimbulkan korban jiwa serta kerusakan infrastruktur jalan dan rumah.

Gempa bumi susulan pun sempat melanda Aceh, pada Rabu malam pukul 23.05 WIB, dengan kekuatan 5 skala Richter.

Menurut informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa terjadi pada kedalaman 10 km pada titik 5,56 derajat LU - 95,75 derajat BT atau 32 km Timur Laut Kabupaten Aceh Besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.