Sukses

Menantu Kesayangan Donald Trump Danai Permukiman Ilegal Israel?

Besan Donald Trump menyumbang puluhan ribu dolar AS untuk organisasi dan lembaga yang terletak di pemukiman ilegal di Tepi Barat.

Liputan6.com, New York - Dalam beberapa tahun terakhir, orangtua Jared Kushner--menantu  dan sekaligus orang kepercayaan presiden terpilih AS Donald Trump--telah menyumbangkan puluhan ribu dolar untuk organisasi dan lembaga yang terletak di permukiman ilegal di Tepi Barat. Informasi itu terkuak dari formulir pajak mereka.

Keluarga Kushner menyumbangkan beberapa juta dolar setahun  untuk amal melalui Charles dan Seryl Kushner Foundation. Di yayasan ini, Jared duduk di dewan bersama dengan saudara laki-laki dan dua saudara perempuannya. Yayasan ini didirikan pada 1997.

Di antara organisasi dan lembaga menerima dana dari keluarga Kushner adalah Friends Amerika dari Beit El Yeshiva (sekolah agama). Lembaga itu menerima US$ 20.000 pada 2013. Yayasan itu berdiri di permukiman ilegal Israel di Tepi Barat.

Surat kabar Israel, Haaretz, melaporkan bahwa presiden American Friends of Beit El Yeshiva, yang kantornya  berlokasi di New York, adalah David Friedman. Ia tak lain adalah penasihat senior Trump pada urusan Israel.

Friedman telah menjabat sebagai pengacara real estate Trump selama 15 tahun terakhir. Ia juga dianggap sangat dekat dengan presiden terpilih. Friedman bahkan telah menyatakan minatnya untuk menjadi Duta Besar AS di Israel, Haaretz menambahkan.

Dikutip dari middleeastmonitor, pada Rabu (6/12/2016) Freidman juga terlihat sebagai penasihat bagi "pesaing utamanya" untuk memperebutkan kursi Dubes AS untuk Israel, Mike Huckabee. Ia diketahui menjadi pembicara di malam penggalangan dana tahun lalu untuk kelompok Beit El Yeshiva Amerika.

Daftar organisasi yang menerima sumbangan dari yayasan keluarga Kushner sudah termasuk Etzion Foundation. Lembaga ini memiliki kantor penggalangan dana di New Jersey. Yayasan ini mendukung Yeshivat Har Etzion, Kibbutz Migdal Oz, dan lembaga pelatihan guru Herzog College. Semuanya berada di blok permukiman ilegal Gush Etzion di luar Yerusalem. Pada 2012, yayasan keluarga Kushner menyumbangkan US$ 5.000 untuk Etzion Foundation dan US$ 10.000 pada 2013.

Penerima lain dari dana Kushner di Gush Etzion, yang berkantor pusat di permukiman Efrat, adalah Ohr Taurat Batu. Lembaga ini menerima US$ 5.000 pada 2011.

Od Yosef Chai Yeshiva adalah sebuah sekolah agama di Tepi Barat yang diduduki oleh Yahudi Israel. Lembaga ini memperoleh dana sebesar US$ 500 oleh keluarga Kushner.

Menurut Haaretz, sekolah khusus ini tidak menerima dana apa pun dari pemerintah Israel karena diduga terlibat dalam melancarkan serangan kekerasan terhadap desa-desa Palestina di dekatnya dan pasukan keamanan Israel.

Pada 2014, keluarga Kushner menjanjikan dana dana sebesar US$ 18 juta ke Medical Centre Shaare Zedek di Yerusalem, di samping US$ 2 juta yang sudah dilakukan sebelumnya.

Keluarga berjuluk The Kushners tersebut memiliki sejarah dalam mendukung rumah sakit, baik di Israel dan Amerika Serikat. Namun,  angka sumbangan itu adalah yang terbesar untuk satu rumah sakit.

Penerima manfaat utama lain dari Kushner di Israel adalah tentara Israel. Antara 2011 dan 2013, yayasan menyumbangkan total US$ 315.000 untuk Friends of IDF, di mana Jared pernah berkiprah di situ.

Di antara lembaga-lembaga lain dan organisasi yang Kushners telah menyumbangkan uangnya di Israel dalam empat tahun terakhir, adalah Israel Philharmonic Orchestra (US$ 2.500); Bezalel Academy of Arts and Design (US$ 1.000); Inggris Hatzalah (US$ 70.000); Cancer Research Fund Israel (US$ 10.000); Meir Panim Lachayal, organisasi lain yang mendukung tentara Israel (US$ 4,000); Shalva Children Center (US$ ​​20.000); Rumah Sakit Yeshua Ma'ayanei ($ 25.000); dan Pusat Medis Rabin ($ 23.000).

Di Amerika Serikat, yayasan keluarga mendukung banyak sekolah Yahudi, lembaga amal dan pusat-pusat kebudayaan. Dalam beberapa tahun terakhir, yayasan juga telah menyumbangkan hampir US$ 30.000 ke berbagai lembaga dioperasikan oleh Chabad--organisasi ultra-Ortodoks.

Salah satu yang menerima sumbangan  terbesar dari kontribusi Kushner dalam beberapa tahun terakhir telah menjadi Sekolah Ramaz di Manhattan sebesar  US$ 250.000. Rabbi Haskel Lookstein, mantan kepala sekokal dari Ramaz, mengawasi putri Donald Trump, Ivanka, sebelum ia menikah Jared.

November lalu,  Wakil Menteri Luar Negeri Israel Tzipi Hotovely menyambut saran yang Presiden AS terpilih Donald Trump yang menunjuk Jared Kushner sebagai utusan khusus untuk menengahi perdamaian di Timur Tengah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini