Sukses

Top 3: Misteri Munculnya Kembali Istri Diktator Korea Utara

Liputan6.com, Jakarta - Korea Utara kembali menjadi pusat perhatian para pembaca Liputan6.com pada Selasa (6/12/2016) sore. Kali ini dikisahkan tentang kembalinya Ri Sol-ju di hadapan publik. Istri diktator Korut Kim Jong-un itu dikabarkan sempat hilang beberapa saat lamanya.

Para pembaca kemudian tersedot perhatiannya membaca 10 kisah horor kebakaran kelab malam paling mematikan. Sejumlah faktor menjadi penyebab terjadinya bencana tersebut, terutama karena pelanggaran aturan dan baku keamanan.

Terakhir, para pembaca menyimak tentang keyakinan Menteri Pertahanan AS, Ash Carter, bahwa kota Mosul di Irak akan direbut dari ISIS sebelum pelantikan Donald Trump menjadi presiden Amerika Serikat pada 20 Januaro 2017 mendatang.

Berikut adalah Top 3 Global selengkapnya:

 

1. Sempat Menghilang, Istri Kim Jong-un Kembali Tampil di Muka Umum

Penampilan terakhir Kim Jong-un dan sang istri, Ri Sol-ju saat menonton pertunjukan musik pada Maret lalu (Reuters)

Setelah "menghilang" lebih dari tujuh bulan, Ri Sol-ju, istri dari pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un kembali tampil di muka publik. Menurut media lokal, pasangan ini muncul bersama dalam sebuah kompetisi latihan tempur udara.

"Dengan didampingi istrinya, pemimpin kontroversial itu memberikan nasihat kepada para kontestan khususnya kepada Angkatan Udara Rakyat Korea (KPAF)," demikian laporan Kantor Pusat Berita Korea seperti dikutip dari Daily Mail, Senin 5 Desember 2016.

Ketika Ibu Negara Korut tersebut "menghilang", beredar rumor ia tengah hamil. Sementara isu lain menyebutkan, pamornya meredup di tengah melonjaknya popularitas sang adik ipar yang dianggap sebagai kekuatan di balik takhta sang diktator, Kim Yo-jong.

Selanjutnya...


2. 10 Kebakaran Horor Mematikan di Kelab Malam

Polisi dan petugas pemadam masih berada di sebuah kelab malam yang mengalami kebakaran di Oakland, California, Sabtu (3/12). Pihak berwenang memperkirakan korban tewas bisa meningkat mencapai 40. (Elijah Nouvelage/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/AFP)

Demi mencegah jatuhnya korban ketika terjadi kebakaran, standar pencegahan kebakaran ditingkatkan dan dijaga ketat. Namun tak jarang demi mencari keuntungan, sejumlah pemilik gedung mengabaikan peraturan baku yang ditetapkan.

Biasanya, dalam kebakaran yang menyebabkan jatuhnya banyak korban, hasil penyelidikan mengungkapkan pelanggaran demi pelanggaran. Mulai dari tak memadainya jumlah jalur evakuasi, penggunaan bahan bangunan dan interior yang rentan api, kelebihan daya tampung, atau bahkan kombinasi semua itu.

Paling anyar, sebuah kelab malam di Oakland, negara bagian California, Amerika Serikat (AS), terbakar dan menewaskan puluhan orang. Jumlah korban diperkirakan akan semakin bertambah.

Selanjutnya...


3. Menhan AS: Kota Mosul Akan Direbut Sebelum Donald Trump Dilantik

Tentara Irak berlari berlindung dibalik bangunan saat bertempur melawan militan ISIS di Al-Qasar, Tenggara Mosul, Irak, (28/11). (REUTERS/Goran Tomasevic)

Koalisi yang dipimpin Amerika Serikat (AS) saat ini terus berusaha merebut Kota Mosul dari tangan ISIS. Namun setelah lebih dari satu bulan, peperangan masih belum dimenangkan.

Fakta ini disadari betul oleh Menteri Pertahanan AS, Ash Carter. Meski demikian, ia yakin Mosul akan segera direbut dalam waktu dekat.

"Sangat mungkin Mosul kami rebut sebelum Donald Trump menjalankan tugasnya sebagai presiden," ucap Carter seperti dikutip dari Reuters, Senin 5 Desember 2016.

Walau begitu, Carter menegaskan bukan perkara mudah merebut Mosul. Harus ada upaya ekstra demi mengalahkan ISIS di kota itu.

Selanjutnya...