Sukses

Sempat Menghilang, Istri Kim Jong-un Kembali Tampil di Muka Umum

Istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju dilaporkan kembali tampil di muka publik setelah menghilang secara misterius selama berbulan-bulan.

Liputan6.com, Pyongyang - Setelah "menghilang" lebih dari tujuh bulan, Ri Sol-ju, istri dari pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un kembali tampil di muka publik. Menurut media lokal, pasangan ini muncul bersama dalam sebuah kompetisi latihan tempur udara.

"Dengan didampingi istrinya, pemimpin kontroversial itu memberikan nasihat kepada para kontestan khususnya kepada Angkatan Udara Rakyat Korea (KPAF)," demikian laporan Kantor Pusat Berita Korea seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (5/12/2016).

Ketika Ibu Negara Korut tersebut "menghilang", beredar rumor ia tengah hamil. Sementara isu lain menyebutkan, pamornya meredup di tengah melonjaknya popularitas sang adik ipar yang dianggap sebagai kekuatan di balik takhta sang diktator, Kim Yo-jong.

Ri Sol-ju adalah mantan penyanyi. Ia dan Kim Jong-un pertama kali muncul di hadapan publik pada Juli 2012. Kala itu ia diumumkan sebagai istri dari pemimpin Korut tersebut.

Sejak saat itu, Ri tak selalu terlihat di muka publik untuk mendampingi sang suami. Pada Desember 2014, Ri dilaporkan menghadiri sebuah upacara bersama sang suami untuk memperingati tahun ketiga wafatnya sang mertua, Kim Jong-il.

Lantas, pasangan itu kembali tampil di muka publik pada April tahun lalu ketika menghadiri pertandingan sepak bola di Stadion Kim Il-sung. Ri mengenakan cincin kawin di jari kirinya sementara sang suami disebut-sebut mengenakan jam tangan mewah.

Setelahnya, Kantor Berita Korea Selatan (Korsel), Yonhap menyebutkan bahwa Ri tidak lagi pernah terlihat di muka umum setidaknya sejak 28 Maret.

"Ada sejumlah alasan yang mungkin terjadi, termasuk dia hamil atau ada masalah antara mereka berdua," ujar salah seorang profesor di Waseda University, Jepang, Toshimitsu Shigemura.

Seorang mantan anggota orkestra Korut, Unhasu sempat mengungkap kisah tentang Ri yang hamil dan bahkan sudah memiliki anak.

Pada tahun 2013, eks bintang basket Amerika Serikat (AS), Dennis Rodman yang disebut Kim Jong-un sebagai "sahabat karib"nya mengatakan bahwa pasangan tersebut memiliki bayi perempuan bernama Ju-ae.

Namun karena ia tidak dapat menjadi ahli waris maka mereka mencoba mendapatkan anak laki-laki.

Meski demikian, Shigemura juga menyinggung rumor lainnya yang mengatakan bahwa Ri mungkin kalah populer dibanding adik perempuan Kim Jong-un.

"Keyakinannya adalah, Kim Jong-un tidak memiliki kemampuan politik. Kim Yo-jong jauh lebih mahir dalam bermanuver yang sangat diperlukan untuk melanggengkan kekuasaan saudaranya sehingga ia mengambil tugas tersebut," kata Shigemura.

Dalam sebuah kesempatan, Ri digambarkan tampil stylish dengan berbagai barang mahal. Termasuk tas tangan Christian Dior. Hal ini mengundang sorotan di tengah kemiskinan kronis rakyat Korut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini