Sukses

Presiden Vladimir Putin: Donald Trump Sosok yang Cerdas

Presiden Putin optimistis presiden terpilih AS, Donald Trump dengan cepat akan menyesuaikan diri dengan jabatan barunya.

Liputan6.com, Moskow - Keberhasilan bisnis Donald Trump menunjukkan dia adalah seorang pria yang cerdas dan akan dengan cepat beradaptasi dengan peran barunya sebagai presiden Amerika Serikat (AS). Pernyataan tersebut disampaikan oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin.

"Fakta bahwa Trump telah meraih kesuksesan dalam bisnis menunjukkan ia adalah sosok yang cerdas. Hal itu berarti ia akan sepenuhnya dan cukup cepat menyadari perbedaan tingkat tanggung jawab. Kami berasumsi bahwa dia akan segera beradaptasi," kata Putin dalam wawancaranya dengan televisi Rusia, NTV seperti dilansir Russian Today, Senin (5/12/2016).

Dalam kesempatan yang sama, orang nomor satu di Rusia itu juga menyinggung situasi geopolitik terutama hubungan negaranya dengan Barat. Menurut Putin, upaya untuk membangun sebuah dunia yang unipolar telah gagal.

"Situasi telah berubah. Menurutku itu sudah bukan rahasia lagi, semua orang melihatnya, bahwa banyak mitra kami lebih memilih mengacu pada prinsip-prinsip hukum internasional karena keseimbangan kekuasaan di dunia pulih secara bertahap," ungkap eks agen KGB itu seperti dikutip dari Reuters.

Presiden Putin juga menjelaskan "aturan" negaranya dalam membangun hubungan dengan negara lain.

"Kita hidup dalam dimensi berbeda. Rusia selalu memegang prinsip, sementara kami melindungi kepentingan nasional, kami juga harus menghormati kepentingan negara lain. Jadi, ini adalah cara kami membangun hubungan dengan negara-negara lain," tuturnya.

Awal pekan ini, tepatnya saat menyampaikan pidato tahunan di hadapan parlemen Rusia, Presiden Putin mengatakan bahwa Moskow siap bekerja sama dengan pemerintahan baru AS.

"Kami memiliki tanggung jawab bersama demi memastikan keamanan internasional," tegas Putin.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa Rusia siap berpartisipasi dalam memecahkan krisis global dan regional bila dibutuhkan.

"Kami memahami sejauh mana tanggung jawab kami dan dengan tulus bersedia ambil bagian dalam memecahkan persoalan global dan regional. Tentu saja, ketika keterlibatan kami tepat, diperlukan, dan ada permintaan," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini