Sukses

Top 3: Sorotan Dunia pada Aksi Damai 212 di Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Pada Jumat (2/12/2016), semua perhatian pembaca Liputan6.com berpusat pada peristiwa aksi damai 212 di Jakarta. 

Ulasan pertama adalah sorotan dunia tentang dugaan makar oleh Ahmad Dhani. Media asing pernah menyorot sejumlah tuduhan lain yang disangkakan pada pemusik tersebut. 

Artikel lainnya yang juga menarik minat pembaca adalah penangkapan terhadap 10 orang terduga makar dan pelanggar UU ITE pada pagi tadi. Saat ini mereka masih menjalani proses interogasi oleh pihak kepolisian.

Dan terakhir para pembaca menyimak tentang pantauan dunia terhadap aksi damai 212.

Berikut adalah Top 3 Global selengkapnya: 

1. Selain Dugaan Makar, Ini Kasus Ahmad Dhani yang Disorot Dunia

Kuasa hukum Ahmad Dhani, Ramdan Alamsyah menunjukan barang bukti dari media sosial, Jakarta, Rabu (9/11). Ahmad Dhani melaporkan oknum pihak yang menuduhnya menghina Presiden Joko Widodo. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Menjelang aksi damai 212 yang baru selesai digelar di Monas, polisi menangkap sejumlah tokoh yang diduga melakukan makar.

Salah satu di antara mereka adalah Ahmad Dhani, musikus sekaligus calon Wali Kota Bekasi.

Penangkapan itu dilakukan saat pentolan Dewa 19 itu tengah berada di Hotel Sari Pan Pasifik, Jakarta Pusat. Hal itu diungkapkan oleh Ahmad Dhani dalam akun Twitternya.

"Malam ini di depan kamar di Hotel Sari Pan Pasifik, orang mengaku dari Polda mencari saya. #ADP," tulis Ahmad Dhani di akun Twitter-nya.

"Mau mendobrak kamar saya... #ADP," lanjutnya.

Selain Ahmad Dhani, polisi menangkap 10 orang, dengan delapan di antaranya diduga melakukan makar.

Selanjutnya...

2. Dunia Sorot Penahanan 10 Orang Diduga Makar Jelang Aksi Damai 212

Ilustrasi (Istimewa)

Tak hanya demo 2 Desember yang menjadi sorotan dunia. Sejumlah media massa asing juga memuat laporan penangkapan 10 orang terduga makar.

Melalui artikel berjudul "Jakarta protests: Treason arrests as mass rally against city's Governor, Ahok, get underway", ABC News memuat pernyataan Karo Penmas Mabes Polri Kombes Rikwanto yang mengatakan 10 orang ditangkap pagi tadi. Delapan di antaranya terduga makar dan konspirasi jahat, sementara dua lainnya melanggar Undang-Undang ITE.

"Polisi mengatakan mereka yang ditangkap atas dugaan makar tengah diinterogasi dan dimintai keterangan lebih lanjut," demikian laporan dari ABC News, Jumat, 2 Desember 2016.

Selanjutnya...

3. Dunia Pantau Aksi Demo 2 Desember

Sejumlah media asing soroti aksi damai 2 Desember (Berbagai Sumber)

Puluhan ribu orang diperkirakan memadati kawasan silang Monas pada aksi 2 Desember. Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) bersama polisi telah sepakat mengubah demo 2 Desember menjadi aksi super damai yang diisi dengan kegiatan keagamaan.

Tak hanya menjadi sorotan di Indonesia, sejumlah media asing turut memberitakan aksi terkait proses hukum terhadap gubernur nonaktif DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang dituduh menistakan agama.

Melalui artikel berjudul "Indonesia tightens security before protest against Jakarta governor", Reuters melaporkan cara pemerintah dalam mengamankan demo 2 Desember.

Selanjutnya...