Sukses

Hilang 10 Tahun Lebih, TKI Asal Serang Ditemukan di Suriah

Kujemah binti Sayib, TKW asal Serang Banten, setelah hilang kontak dengan keluarganya lebih dari 10 tahun.

Liputan6.com, Damaskus - Kabar mengejutkan disampaikan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), Damaskus, Suriah. Seorang perempuan yang berkerja sebagai TKI di negara tersebut akhirnya ditemukan setelah hilang bertahun-tahun.

"KBRI di Damaskus Suriah berhasil menemukan Kujemah binti Sayib, TKW asal Serang Banten, setelah hilang kontak dengan keluarganya lebih dari 10 tahun," sebut Pejabat Penerangan, Sosial, Budaya KBRI Damaskus, AM Siddqi, Jumat (2/12/2016).

Siddqi menjelaskan, pencarian terhadap Kujemah dimulai pada Oktober 2016. Ketika itu, pihak KBRI menerima aduan dari keluarga yang bersangkutan bahwa mereka kehilangan jejak Kujemah.

"KBRI Damaskus menerima surat pengaduan dari Deputi Perlindungan BNP2TKI untuk penelusuran Kujemah bt Sayib. Namun, berdasarkan data dari BNP2TKI, Kujemah telah dipindah dan tidak diketemukan di alamat pengaduan," ujar dia.

"Setelah menempuh proses panjang pencarian, KBRI Damaskus menemukan Kujemah bt Sayib di Kota Lattakia Suriah bekerja dengan majikan Jozet Maya," tambahnya.

Siddqi memastikan pemulangan terhadap Kujemah masih dalam proses. Saat ini, perempuan tersebut telah aman berada di penampungan WNI KBRI Damaskus bersama 27 TKI lainnya dan menunggu dipulangkan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini