Sukses

Keibul Lamjao, Satu-satunya Taman Nasional Terapung di Dunia

Keibul Lamjao di negara bagian Manipur, India, merupakan satu-satunya taman nasional terapung di dunia.

Liputan6.com, Imphal - Negara bagian Manipur, India, memiliki satu-satunya Taman Nasional terapung di dunia. Warga setempat mengenalnya dengan nama Taman Nasional Keibul Lamjao. Kawasan pelestarian ini juga merupakan habitat bagi sangai, sejenis rusa khas Manipur.

Memenuhi undangan Pemerintah India untuk mengunjungi negara bagian tersebut, Liputan6.com mendapatkan kesempatan menuju ke Keibul Lamjao pada Sabtu 26 November 2016 lalu.

Taman Nasional itu sendiri sebenarnya terletak di tengah Danau Loktak, sebuah danau besar di Distrik Bishnupur, Manipur. Danau itu sendiri terletak sekitar 53 kilometer dari Imphal, ibu kota negara bagian.

Keibul Lamjao memiliki rawa-rawa yang mengapung di danau. Walaupun mengapung, rawa-rawa itu cukup padat sehingga dapat dihuni oleh flora dan fauna.

Taman Nasional Keibul Lamjao. (Liputan6.com/Alexander Lumbantobing)

Bersama dengan sejumlah delegasi dari Kamboja, Jepang, dan Uni Arab Emirat, Liputan6.com berangkat dari tepi Danau Loktak menuju ke 'pulau' terapung di tengah danau untuk mengintip kehidupan rusa sangai, yang memiliki nama ilmiah Rucervus eldii eldii.

Sebagai catatan, Liputan6.com adalah satu-satunya media Indonesia yang mendapatkan kehormatan tahun ini untuk diundang menghadiri International Tourism Mart 2016. Acara ini dilangsungkan di kota Imphal yang terletak di kawasan Timur Laut India.

Taman Nasional Keibul Lamjao. (Liputan6.com/Alexander Lumbantobing)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perahu Mungil

Perjalanan cukup menantang karena perahu yang digunakan sangat kecil untuk seluruh penumpang yang terdiri dari para anggota delegasi asing, pemandu wisata, dan pendayung perahu. 

Taman Nasional Keibul Lamjao. (Liputan6.com/Alexander Lumbantobing)

Setelah mencapai 'pulau' tujuan, para anggota delegasi mendapatkan kesempatan naik ke tempat pengamatan untuk menyaksikan sangai.

Para pengunjung pun diminta untuk tidak berisik agar tidak menakuti hewan tersebut. Kali ini, Liputan6.com cukup beruntung karena rusa-rusa tersebut tampak berkeliaran di kejauhan, cukup dapat dilihat tanpa alat bantu.

Dikutip dari berbagai sumber, Taman Nasional Keibul Lamjao ini juga menjadi "surga" bagi para pengamat burung, baik jenis burung yang sedang migrasi maupun burung lokal.

Taman Nasional Keibul Lamjao. (Liputan6.com/Alexander Lumbantobing)

Dalam bulan November ini, burung migrasi mencakup sejenis falkon yang berasal dari Siberia dan bermigrasi ke belahan bumi selatan untuk berkembang biak. Dalam perjalanan, mereka singgah di Manipur, terutama di kawasan rawa Danau Loktak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini