Sukses

Top 3: Negara 'Remeh' Tapi Penting dalam Perang Dunia II

Liputan6.com, Jakarta - Dalam perang skala global seperti Perang Dunia II, ada negara-negara yang tampak mengemuka dalam percaturan sejarah. Tapi, ternyata ada juga negara-negara yang sepertinya tidak memiliki peran dan malah memegang peran strategis.

Pada Kamis sore (1/12/2016), para pembaca Liputan6.com paling tersedot perhatiannya membaca negara-negara yang sepertinya 'remeh' namun berperan besar dalam menentukan jalan peperangan.

Kembali ke masa kini, para pembaca terlarut membaca kisah 2 orang yang selamat dari kecelakaan yang menimpa pesawat sewaan LAMIA Penerbangan 2933 di Brasilia. 

Terakhir, para pembaca ikut penasaran sebagaimana rasa penasaran astronot China yang mengaku mendengar suara-suara ketukan ketika berada di ruang angkasa. Suara apakah itu?

Berikut adalah Top 3 Global selengkapnya:

 

1. 10 Negara 'Remeh' Ini Berperan Penting dalam Perang Dunia II

Pasukan patroli Finlandia berjaga-jaga atas kedatangan pasukan Rusia (Imperial War Museums)

Perang Dunia II yang berawal pada 1 September 1939 dan berakhir pada 2 September 1945 memiliki dampak langsung maupun tak langsung pada hampir seluruh negara di dunia, tak terkecuali Indonesia.

Jerman, Inggris, Uni Soviet, Jepang, dan Amerika Serikat pun muncul sebagai negara yang dianggap memiliki pengaruh besar dalam perang yang menewaskan 50 hingga 85 juta korban jiwa tersebut.

Namun terdapat sejumlah negara yang selama ini 'diremehkan' yang ternyata memiliki peranan penting dalam Perang Dunia II. Dikutip dari Listverse, Rabu 30 November 2016, berikut 10 di antaranya.

Selanjutnya...


2. Kisah 2 Orang yang Selamat dari Kecelakaan Pesawat di Kolombia

Matheus Saroli bersama sang ayah Caio Junior. (Facebook/Daily Mail)

Dunia sepak bola Brasil berduka atas kecelakaan yang menimpa pesawat sewaan LAMIA Penerbangan 2933.

Pesawat sewaan yang membawa tim sepak bola Brasil Chapecoense itu jatuh di luar Kota Medellin, menewaskan 75 orang -- sebelumnya disebut 71. Hanya enam korban selamat, tiga di antaranya pemain dalam klub tersebut.

Sementara itu, sejumlah orang berhasil lolos dari maut berkat "suratan takdir". Salah satunya putra manajer Chapecoense.

Ia mengungkapkan bahwa dirinya gagal naik penerbangan nahas tersebut karena lupa paspor.

Selanjutnya...


3. Ketukan Misterius di Angkasa Luar Bikin Astronot China Merinding

Ketukan Misterius di Angkasa Luar Buat Astronot China Merinding (China.org.cn)

Astronot China pertama, Yang Liwei, mengalami pengalaman aneh di penerbangan perdananya ke angkasa luar.

Saat di angkasa luar, dari dalam pesawatnya, ia mendengar suara ketukan misterius. Tak ada yang bisa menjelaskan dari mana suara itu berasal. Padahal saat itu, ia seorang diri.

Menurut Yang Liwei, yang kini berpangkat mayor jenderal di Angkatan Udara China, bunyinya lebih seperti orang mengetuk pintu di badan pesawat angkasa luarnya. Atau, mirip orang yang tengah memaku martil ke lempengan besi.

Selanjutnya...