Sukses

Kebakaran Dahsyat Landa Tennessee, 3 Warga Tewas

Kebakaran dahsyat terjadi di Tennessee dan mengakibatkan lebih dari 14.000 warga harus meninggalkan rumah mereka.

Liputan6.com, Nashville - Tiga orang dilaporkan tewas akibat kebakaran dahsyat yang menghanguskan lebih dari 150 rumah dan lahan bisnis warga di Sevier County, Tennessee.

Menurut laporan yang dikutip dari CNN, Rabu (30/11/2016), pemerintah setempat khawatir si jago merah akan terus melahap lebih banyak bangunan dan lahan dalam satu malam.

Kebakaran yang terjadi pada Senin 28 November 2016 malam waktu setempat itu menewaskan 3 warga dari lokasi yang berbeda. 

Sementara itu sekitar 12 orang dilarikan ke rumah sakit, kebanyakan mengalami luka yang tidak terlalu serius. Tiga orang lainnya mengalami luka bakar dan dikirimkan ke Venderbilt Medical Center di Nashville.

Menurut Kepala Pemadam Kebakaran Gatlinburg, Greg Miller, api mulai melahap benda di sekelilingnya pada Senin malam lalu. Jago merah makin menyebar dan Miller khawatir bencana tersebut akan memakan lebih banyak korban.

"Kami belum bisa memasuki semua area yang terbakar," kata Miller.

Dalam waktu 24 jam, api membakar ratusan bangunan di Tennessee Timur, tepatnya di wilayah Gatlinburg dan Pigeon Forge.

Kebakaran di hutan Great Smoky Mountains (Reuters)

"Warga berlarian menyelamatkan nyawa mereka," kata Wali Kota Gatlinburg, Mike Werner, yang kehilangan rumahnya akibat kebakaran dahsyat tersebut.

Sementara itu juru bicara National Park Service, Dana Soehn, mengatakan bahwa kebakaran tersebut terjadi akibat ulah tangan manusia.

Walaupun begitu, penyebab pasti tersulutnya si jago merah masih dalam penyelidikan.

National Park Service mengtakan sekitar 15.000 hektar lahan hangus terbakar, sementara lebih dari 250 bangunan rusak.

Kebakaran di hutan Great Smoky Mountains (Reuters)

Menurut keterangan pejabat pemerintah setempat, mereka belum yakin kapan warganya dapat kembali ke lingkungan rumah mereka.

Untuk sementara waktu, pejabat menerapkan jam malam yaitu dari pukul 18.00 malam hingga 06.00 pagi.

Sementara itu petugas masih mencoba untuk mengevaluasi kerusakan yang diakibatkan oleh kebakaran yang terjadi hampir tanpa peringatan di Great Smoky Mountains.

"Abu menghujani tanah seperti salju,"kata Jonathan Frye yang dievakuasi dari rumahnya pada Senin 28 Novembber 2016 malam bersama anak dan istrinya.

Lebih dari 14.000 warga dievakuasi dari rumah mereka dan dilaporkan telah 'dikeluarkan' dari Gatlinburg. Evakuasi juga dilaksanakan di Pigeon Forge.

"Api keluar dari gunung dan asapnya sangat tebal, kami menjadi kesulitan bernapas saat sedang berkemas-kemas", kata Mike Gill yang juga meninggalkan rumahnya, "macet sekali," tambah dia seperti dikutip dari Reuters. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.