Sukses

Gempa Guncang Pegunungan Everest, Warga Nepal Berhamburan

Nepal masih belum pulih dari gempa tahun lalu yang menewaskan hampir 9.000 orang.

Liputan6.com, Kathmandu - Tanah Nepal kembali berguncang. Gempa dengan pusat lindu di dekat Gunung Everest membangunkan para penduduknya, yang masih belum pulih dari musibah serupa nan dahsyat yang menghancurkan tahun 2015 lalu.

Menurut United States Geological Survey atau Badan Survei Geologi AS, gempa bumi Nepal pada Senin itu berkekuatan 5,4 skala Richter.

Seismologi Center Nasional Nepal mengatakan, pusat gempa Nepal berada di perbatasan antara Distrik Ramechap dan Solukhumbu, sekitar 120 kilometer (75 mil) timur ibu kota, Kathmandu.

"Belum ada laporan tentang korban jiwa atau kerusakan. Tapi karena gempa berada di pegunungan dengan desa-desa terpencil, butuh waktu untuk melaporkannya," kata polisi seperti dikutip dari Salon, Senin (28/11/2016).

Kendati demikian, dilaporkan warga di Kathmandu bergegas berhamburan ke luar rumah, setelah terbangun oleh gempa yang terjadi sebelum fajar.

25 April 2015, tanah Nepal berguncang hebat akibat gempa 7,8 skala Richter. Hampir 9 ribu orang meninggal dan empat juta lainnya menjadi tunawisma karena 600 ribu rumah hancur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini