Sukses

Apple Ajukan Pertanyaan Unik Saat Wawancara, Ini 21 di Antaranya

Berikut 21 pertanyaan yang diajukan Apple kepada kandidatnya, mulai dari pertanyaan unik hingga soal yang memerlukan pemecahan matematika.

Liputan6.com, Cupertino - Raksasa teknologi, Apple merupakan salah satu tempat kerja yang dikenal paling menantang dan menyenangkan. Namun mendapat pekerjaan di perusahaan tersebut bukanlah perkara mudah.

Seperti Google dan perusahaan besar lain, Apple mengajukan sejumlah pertanyaan teknis berdasarkan pengalaman kerja masa lalu dan sejumlah teka-teki membingungkan.

Time, Minggu, (27/11/2016), telah menyisir beberapa posting-an terbaru di Glassdoor untuk menemukan sejumlah pertanyaan terberat yang pernah diajukan oleh pewawancara Apple kepada para kandidatnya.

Beberapa di antaranya memerlukan pemecahan matematika yang rumit, sementara lainnya terdengar sederhana namun cukup membingungkan. Berikut 21 di antaranya:

1. "Jelaskan apa itu modem/router dan fungsinya kepada anak berusia 8 tahun" -- kandidat At-Home Advisor.

2. "Siapa teman terbaikmu?" -- kandidat Family Room Specialist.

3. "Jika kamu memiliki dua buah telur, dan kamu ingin mengetahui dari lantai berapa kamu dapat menjatuhkan telur tanpa memecahkannya, bagaimana kamu akan melakukannya? Apa solusi optimalnya?" kandidat Software Engineer.

4. "Deskripsikan sebuah masalah menarik dan bagaimana kamu memecahkannya." -- kandidat Software Engineer.

5. "Berapa banyak anak yang lahir setiap harinya?" -- kandidat Global Supply Manager.

6. "Kamu memiliki 100 koin di sebuah meja, di mana setiap koin memiliki dua sisi berbeda. 10 di antaranya menunjukkan sisi yang satu, 90 lainnya memperlihatkan sisi lainnya. Kamu tidak dapat merasa, melihat, atau mengetahui dengan cara lainnya untuk membedakan kedua sisi tersebut. Pisahkan koin menjadi dua bagian di mana memiliki rasio sisi berbeda yang sama." -- kandidat Software Engineer.

7. "Deskripsikan dirimu, apa yang membuatmu bergairah?" -- kandidat Software Engineer.

8. "Jika kami merekrut dirimu, apa yang ingin kamu kerjakan?" --- kandidat Senior Software Engineer.

9. "Skenario: Kamu sedang berhadapan dengan pelanggan yang marah karena telah menunggu bantuan selama 20 menit dan menyebabkan keributan. Dia mengklaim akan berjalan ke Best Buy atau Microsoft Store untuk mendapatkan komputer yang dia inginkan. Atasi masalah ini," -- kandidat Specialist.

10. "Bagaimana Anda menjelaskan secara rinci harga dari bolpoin ini?" -- kandidat Global Supply Manager.

Pertanyaan Unik Lainnya

11. "Apakah Anda pintar?" -- kandidat Build Engineer.

12. "Apa kesalahan Anda, dan bagaimana Anda belajar dari hal tersebut?" -- kandidat Software Manager.

13. "Apakah Anda pernah tidak setuju dengan keputusan manajer, dan bagaimana Anda melakukan pendekatan itu? Berikan contoh spesifik dan jelaskan bagaimana Anda memperbaiki perselisihan itu, apa hasil akhirnya, dan bagaimana ia akan menggambarkan diri Anda hari ini," -- kandidat Software Engineer.

14. "Beritahu saya sesuatu hal yang pernah Anda lakukan di hidup dan Anda merasa bangga karenanya," -- kandidat Software Engineering Manager.

15. "Mengapa kami harus merekrut Anda?" -- kandidat Senior Software Engineer.

16. "Apakah Anda kreatif? Apa hal kreatif yang Anda dapat pikirkan?"-- kandidat OSftware Engineer.

17. "Anda terlihat sangat positif, apa hal-hal yang membuat Anda terpuruk?" -- kandidat Family Room Specialist.

18. "Apa yang membawa Anda ke sini hari ini?" -- kandidat Software Engineer.

19. "Ketika Anda berjalan di Apple Store sebagai seorang pelanggan, apa yang akan Anda perhatikan pertama dari kami dan bagaimana perasaan Anda ketika pertama kali menginjakkan kaki di tempat kami?" -- kandidat Speacialist.

20. "Apa yang akan Anda lakukan dalam lima tahun ke depan?" kandidat Software Engineer.

21. "Bagaimana Anda memeriksa sebuah pemanggang?" -- kandidat Software QA Engineer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini