Sukses

Gara-Gara Gumpalan Bambu Sebesar Lemon, Anak Panda Lucu Dioperasi

Panda Bei Bei harus menjalani operasi darurat akibat penyumbatan di usus kecilnya.

Liputan6.com, Washington DC - Bei Bei menjadi daya tarik di kebun binatang Washington. Namun, anak panda raksasa (Ailuropoda melanoleuca) itu belakangan menderita sakit. Perutnya tak nyaman, mual, dan tak mau makan. Ia tidur lebih banyak dari biasanya.

Pemeriksaan USG menguak adanya penyumbatan di bagian atas dari usus kecil hewan lucu itu. Ternyata ada gumpalan bambu sebesar lemon yang terjebak di sana. Ia pun harus menjalani operasi darurat. 

Kini, panda berusia 1 tahun itu dalam kondisi stabil. Prognosisnya juga sangat baik.

"Saya sangat bangga dan bersyukur pada penjaga, dokter hewan, staf perawatan satwa, relawan ahli medis, dan semua yang telah membantu menfasilitasi respons darurat tersebut," kata Dennis Kelly, Direktur Smithsonian National Zoo di Washington, seperti dikutip dari BBC, Sabtu (26/11/2016).

"Bei Bei prognosis sangat bagus. Tantangan untuk tim kami saat ini adalah memonitor keselamatannya yang membutuhkan dukungan hewan itu."

Pascaoperasi, anak panda itu hanya menerima air selama satu hari, lalu ia akan diberi makan makanan yang lunak seperti ubi manis dan buah pir.

Bei Bei lahir pada 22 Agustus 2015. Orang-orang di seluruh dunia memantau kehamilan induknya lewat kamera yang dipasang di kebun binatang.

Bei Bei berarti 'berharga'. Nama itu dipilih oleh Ibu Negara AS Michelle Obama dan Ibu Negara China Peng Yuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini