Sukses

Pertama dalam 54 Tahun, Salju Turun pada Bulan November di Tokyo

Warga ibukota Jepang terkejut, karena suhu saat ini biasanya berkisar dari 10 derajat Celcius hingga 17 derajat Celcius dan tak ada salju.

Liputan6.com, Tokyo - Tokyo, Jepang mengalami hujan salju yang turun pada bulan November. Itu kali pertamanya terjadi dalam 54 tahun.

Momen itu terjadi pada Kamis 24 November 2016.

Warga ibukota Jepang terkejut, karena suhu sekitar waktu ini tahun biasanya berkisar dari 10 derajat Celcius hingga 17 derajat Celcius. Mereka kaget salju mengguyur saat temperatur cuaca masih terbilang hangat.

Salju itu disebabkan oleh udara dingin yang tidak biasa di kota, tapi suhu di atas titik beku membuat salju tak menempel.

Cuaca tak terduga berarti membuat perjalanan komuter mengalami keterlambatan.

Badan Meteorologi Jepang juga memperingatkan kemungkinan jalanan akan tertutup es. Salju menempel di kabel listrik dan pohon-pohon, dan potensi runtuhnya 'rumah kaca' plastik tempat menumbuhkan tanaman, demikian menurut Japan Times.

Fenomena aneh terkait salju juga pernah dialami Timur Tengah. Kala itu, awal tahun 2008, salju tebal menutupi sejumlah wilayah di Iran utara. Salju menyebabkan beberapa bandara serta sebagian besar jalan ditutup.

Sedikitnya 15 ribu kendaraan dilaporkan terjebak di jalan. Sementara seluruh penerbangan baik jalur domestik maupun internasional yang berangkat dari dan menuju Teheran dibatalkan. Salju juga memaksa sekolah dan kampus diliburkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.