Sukses

Iran Bebaskan Enam Wartawan

Iran membebaskan enam wartawan dan aktivis oposisi yang diduga terlibat dalam huru-hara pascapemilihan presiden tahun lalu.

Liputan6.com, Teheran: Media Iran mengatakan, enam wartawan dan aktivis oposisi telah dibebaskan dengan jaminan. Mereka ditangkap karena diduga terlibat dalam huru-hara setelah pemilihan presiden Juni lalu. Ratusan orang ditangkap pada hasil pemilihan presiden yang kontroversial. Mereka menuduh Presiden Mahmoud Ahmadinejad melakukan kecurangan dalam kemenangannya.

Surat Kabar Bahar menulis, Senin (1/3), wartawan yang ditangkap di antaranya adalah Mashallah Shamsolvaezin, Abdolreza Tajik, dan Mohammad Javad Mozaffar. Aktivis Ali Hekmat, Behrang Tonekaboni, dan pensiunan profesor Mohammad Shadiq Rabbani dari Universitas Teheran, turut dibebaskan kemarin malam.

Pembebasan tersebut sebagai tindakan simbolis menjelang Tahun Baru Iran pada bulan ini. Yaitu, ketika pihak berwenang secara tradisional membebaskan sebagian tahanan.(ANS/AP)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.