Sukses

Kala PM Belanda Bantu WNI Selfie

Liputan6.com, Tokyo - Sangat dekat dan akrab. Begitulah gambaran lawatan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte ke Indonesia.

Usai melakukan kunjungan ke Semarang, Rutte dan rombongan melangkahkan kakinya ke Hotel Fairmount di bilangan Senayan Jakarta.

Di hotel megah tersebut, PM Belanda itu sudah ditunggu ratusan orang. Dirinya menjadi tamu utama dalam acara makan malam bersama alumni yang bersekolah di Belanda.

Ia datang Selasa 23 November 2016 sekitar pukul 20.30 WIB, kedatangan Rutte langsung membuat heboh seisi Grand Ballroom, Fairmount.

Jika biasanya acara dengan pemimpin negara, masyarakat tidak bisa terlalu dekat dengan pemimpin negara karena aturan keamanan ketat bagi pemimpin negara, hal itu tak berlaku di acara ini.

Setelah menyampaikan sedikit kata sambutan, Rutte tak duduk di tempat yang sudah disediakan. Ia memilih berdiri di tengah-tengah para alumni sembari menyaksikan acara yang berlangsung.

PM Belanda Mark Rutte di Hotel Fairmount Jakarta. (Liputan6.com/Andreas Gerry Tuwo)

Di sekeliling Rutte sama sekali tidak ada Pasukan Pengamanan Presiden yang berjaga. Kesempatan ini pun dimanfaatkan betul oleh para alumni yang hadir untuk menyapa atau meminta selfie dan foto bersama.

Menariknya, Rutte sama sekali tidak terlihat terganggu atas aksi tersebut. Sembari menebar senyum, hampir semua ajakan foto dan selfie ia penuhi.

Bahkan kala dirinya dipanggil kembali ke atas panggung, ia sempat berjanji pada seorang yang sudah meminta foto kepadanya, namun tidak bisa langsung ditepati.

"Sebentar, saya akan ke atas panggung, lalu kembali lagi ke sini," ucap Rutte kepada seorang warga Indonesia yang telah memintanya berfoto.

Bukan sekedar janji, usai naik panggung, Rutte kembali ke orang yang ia janjikan dan segera berfoto dengan senyum lebarnya.

Ia tak terlihat menolak untuk berfoto, Rutte pun tanpa ragu membantu seorang alumni yang ingin selfie dengannya.

Karena Rutte bertubuh jangkung, seorang warga Indonesia yang ingin berselfie tak bisa mengarahkan kameranya secara tepat.

Melihat hal itu, Rutte langsung menawarkan diri memegangi ponsel perempuan tersebut. Setelah berada di tanganya, ia langsung menekan tombol
untuk mengambil sembari tersenyum lebar.

Mark Rutte rencananya berada di Indonesia selama 3 hari. Setelah mengujungi Semarang, hari ini ia akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan.