Sukses

Tsunami Kecil di Jepang Pertama Landa Ogasawara

Badan Meteorologi Jepang menyatakan, tsunami kecil pertama tercatat mencapai Pulau Ogasawara, sore ini setinggi 10 sentimeter.

Liputan6.com, Tokyo: Gelombang tsunami pertama akibat gempa Cile dilaporkan melanda beberapa pulau terpencil di Jepang, Ahad (28/2). Namun, laporan menyebutkan gelombang awal tsunami tersebut masih kecil. Badan Meteorologi Jepang mengatakan, tsunami pertama tercatat mencapai Pulau Ogasawara, sore ini setinggi 10 sentimeter. Tidak laporan adanya kerusakan akibat tsunami kecil ini [baca: Tsunami Kecil Hantam Kepulauan Jepang].

Sebelumnya, beberapa pejabat Jepang memperingatkan ombak besar bisa mencapai beberapa pulau utama di Negeri Sakura. Warga Jepang yang tinggal di sepanjang pantai yang bersebelahan dengan Samudra Pasifik terus waspada.

Pemerintah Tokyo juga memperingatkan terjadinya tsunami dan meminta ratusan ribu penduduk yang tinggal di daerah dataran rendah mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Langkah ini sebagai antisipasi serangan gelombang tsunami yang diperkirakan berkecepatan ratusan kilometer per jam dengan ketinggian sekitar tiga meter.(ADD/ANS/AP)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.