Sukses

10 Hal yang Bikin Kita Bangga Jadi Orang Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia, sungguh suatu negara yang menarik. Karena memiliki keberagaman etnis dan sejarahnya yang kaya.

Begitu banyak hal menarik yang ditawarkan Zamrud Kathulistiwa ini. Mungkin banyak pula 'harta' Indonesia yang urung diketahui khalayak.

Dikutip dari worldette.com pada Sabtu (19/11/2016), berikut ini adalah 10 hal tentang Indonesia yang menarik untuk diketahui:

1 dari 4 halaman

Geografi

1. Indonesia Yang Luas

Indonesia adalah negara yang amat luas. Penerbangan dari ujung barat di pulau Sumatra ke ujung Timur di Papua memerlukan waktu tempuh lebih dari 12 jam.

Negeri ini adalah kepulauan yang terdiri dari 17.508 pulau dengan luas daratan sekitar 1.919.440 kilometer persegi.

Sebagai perbandingan, luas daratan Inggris 'hanya' sekitar 244.820 kilometer persegi dan luas daratan Amerika Serikat adalah 9.629.091 kilometer persegi.

2. Dibelah Garis Kathulistiwa

Garis Kathulistiwa membelah tepat di tengah-tengah Indonesia, melintasi pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan beberapa pulau lain yang lebih kecil.

Usahakan mengunjungi garis Kathulistiwa dan berfotolah.

3. Ada 150 Gunung Berapi

Gunung Bromo, Indonesia

Karena letaknya pada jalur Pacific Ring of Fire atau Cincin Api Pasifik, Indonesia menjadi rumah bagi gunung-gunung berapi, dan diperkirakan ada 150 gunung berapi di negeri ini.

Pada umumnya, keberadaan gunung berapi itu bukan menjadi ancaman dan malah menjadi daya tarik wisata. Misalnya Gunung Bromo di Jawa Timur atau Tangkuban Parahu di Jawa Barat.

Tentu saja bisa muncul erupsi dan para pengunjung harus memeriksa keamanan terkait hal ini sebelum melancong.

4. Hutan Hujan Tropis yang Luas

Menjauh dari kawasan padat penduduk di pulau Jawa dan Bali, membentanglah hutan hujan tropis yang luas dan mendukung keanekaragaman hayati dunia yang hanya kalah oleh Brasil.

Sumber daya alam sungguh melimpah di Indonesia, walaupun pemanfaatannya secara berkelanjutan terganggu oleh korupsi dan kemiskinan.

2 dari 4 halaman

Populasi dan Budaya Beragam

5. Populasi 238 juta orang

Indonesia adalah negara terpadat nomor 4 sedunia, dengan lebih dari 238 juta penduduk.

Negeri ini juga sekaligus menjadi populasi Muslim terbesar sedunia, walaupun ada beberapa kantong-kantong wilayah Hindu dan Kristen. Pulau Jawa adalah pulau paling padat penduduk.

6. Pentingnya Agama

Agama merupakan hal penting di Indonesia, dan setiap warga diharuskan memeluk salah satu dari 6 agama yang diakui, tanpa memandang praktik keagamaan mereka sesungguhnya.

Secara umum, dua orang yang berbeda agama dilarang menikah, kecuali berpindah pada satu agama yang sama.

7. Budaya Sangat Beragam

Arak-arakan di Bali. (Liputan6.com/Alexander Lumbantobing)

Ada lebih dari 300 kelompok etnis di Indonesia dengan budaya dan tradisi khas masing-masing.

Hal ini menjadikan Indonesia sangat kaya keragaman budaya. Jangan lupa menyaksikan pertunjukan lokal atau membeli kerajinan tangan setempat.

8. Dua Bahasa dan Multi Bahasa

Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional dan dipergunakan di sekolah-sekolah, lembaga-lembaga negara, dan juga di media.

Namun demikian, sebenarnya ada lebih dari 700 bahasa suku.

Kebanyakan orang Indonesia bicara 2 bahasa atau lebih. Mereka berbahasa suku di rumah, namun berbahasa Indonesia yang lebih umum di tempat kerja atau sekolah.

3 dari 4 halaman

Bersejarah

9. Peninggalan Purba Tertua

Hal lain yang tak didapati di negara lain adalah peninggalan fosil "Manusia Jawa" atau Homo erectus.

Fosil tersebut ditemukan di sejumlah situs purbakala seantero Pulau Jawa, sehingga kawasan ini diduga pernah dihuni pada 2 juta hingga 500 ribu tahun lalu.

Contohnya adalah fosil-fosil di Sangiran, dekat Solo, Jawa Tengah.

10. Hari Kemerdekaan

Indonesia adalah sebuah republik yang dipimpin seorang presiden. Negeri ini merdeka sejak 1945.

Hari Kemerdekaan dirayakan pada 17 Agustus setiap tahun dengan upacara bendera, perlombaan-perlombaan di kelurahan, dan permainan untuk anak-anak.

Keceriaan peserta saat mengikuti lomba panjat pinang massal dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-71 di lapangan ex Golf Driving Range Senayan, Jakarta, Rabu (17/8). (Liputan6.com/Gempur M Surya)