Sukses

Gaun Berlian Milik 'Bom Seks' Marylin Monroe Terjual Rp 64 M

Gaun Marylin Monroe bertabur 2.500 kristal itu dibeli oleh jaringan museum Ripley Believe It or Not, melebihi harga penawaran awal.

Liputan6.com, New York - Gaun yang dikenakan oleh 'bom seks' Marilyn Monroe saat ia menyanyikan "Happy Birthday Mr Presiden" untuk John F Kennedy dilelang.

Tak tanggung-tanggung, penawaran mencapai US$ 4,8 juta atau Rp 64 miliar (kurs $1 dolar sama dengan Rp 13.426).

Gaun rancangan Jean Louis yang bertabur 2.500 kristal itu dibeli oleh jaringan museum Ripley Believe It or Not, melebihi harga tawaran awal US$ 3 juta atau Rp 40 miliar. 

"Itu adalah sepotong ikon budaya pop yang pernah ada," kata wakil presiden perusahaan Ripley's Believe It or Not museum seperti dikutip dari BBC, Jumat (18/11/2016). 

Monroe meninggal karena overdosis narkoba, selang tiga bulan setelah penampilannya mengenakan gaun tersebut.

Itu adalah salah satu penampilan terakhirnya di muka publik, saat perayaan ulang tahun ke-45 Presiden Kennedy di tengah pengumpulan dana Partai Demokrat pada 1962 di New York Madison Square.

Presiden Kennedy menyusul Monroe setahun kemudian. Ia ditembak mati saat berpawai.

Gaun tersebut sebelumnya telah dibeli dilelang sebesar US$ 1,3 juta pada tahun 1999, oleh maestro bisnis dan kolektor Martin Zweig.

Peningkatan harga gaun dari US$ 1,3 juta menjadi US$ 4,8 juta kemungkinan menciptakan rekor dunia baru untuk gaun paling mahal yang pernah terjual dalam lelang.

Gaun putih Marilyn Monroe dari film Seven Year Itch sebelumnya terjual US$ 4,6 juta (ditambah US$ 1 juta komisi) pada tahun 2011.

Koleksi terbesar dari bintang simbol seks era itu dilelang oleh rumah lelang Julien di Beverly Hills selama tiga hari.

Dalam lelang pada hari Kamis 17 November waktu setempat, gaun koktail yang dipakainya dalam "Some Like it Hot" juga terjual US$ 450 ribu atau Rp 6 miliar (kurs $1 dolar sama dengan Rp 13.426).

Banyak dari 1.000 benda peninggalan Monroe berasal dari pelatih aktingnya, Lee Strasberg, yang menjadi teman dekat sang aktris. Dia mewariskan barang pribadi kepadanya dalam wasiatnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.