Sukses

Calon Ibu Negara AS, Melania Trump Tak Lulus Kuliah?

Istri Donald Trump, Melania diduga tak menamatkan pendidikannya di perguruan tinggi. Yang menjadi persoalan, publik terkesan dibohongi.

Liputan6.com, Washington, DC - Calon ibu negara Amerika Serikat (AS), Melania Trump tak hanya memiliki fakta-fakta menarik seputar dirinya, namun ia juga tak luput dari kontroversi. Mulai dari pernah berposes telanjang, besar di negara komunis, hingga tudingan menjiplak pidato Michelle Obama ketika tampil dalam pembukaan Konvensi Nasional Partai Republik di Cleveland pada Juli lalu.

Yang terbaru, biodatanya di laman Greatagain.gov berubah. Di laman situs tersebut, ia tidak lagi diperkenalkan sebagai lulusan arsitektur dan desain dari University of Ljubljana, Slovenia.

Sebaliknya, situs itu memuat bahwa Melania 'berhenti bersekolah pada usia 16 tahun untuk mengejar karier modelingnya di Milan dan Paris sebelum akhirnya pindah ke New York pada 1996. Demikian seperti Liputan6.com kutip dari Greatagaian.gov pada Jumat, (18/11/2016).

Sebelumnya, tepatnya hingga Juli lalu pihak Trump menginformasikan bahwa Melania merupakan lulusan perguruan tinggi.

Namun yang teranyar tidak disebutkan apakah Melania melanjutkan pendidikannya atau menyelesaikan kursus tertentu. Jika Melania benar tidak menamatkan pendidikannya di perguruan tinggi maka ia akan menjadi ibu negara pertama yang tidak memiliki gelar, kurang lebih dalam tiga dekade terakhir.

Para pendahulunya, seperti Michelle Obama merupakan sarjana sosiologi dari Princeton University. Tak hanya itu, istri dari Presiden Barack Obama ini juga meraih gelar sarjana hukum dari Hardvard Law School.

Laura Bush, istri dari Presiden George W. Bush menerima gelar B. Sc dalam pendidikan dari Southern Methodist University pada 1968. Pada 1973 ia pun kembali mendapat gelar MLS dari University of Texas.

Sementara itu, Hillary Clinton yang juga eks rival suami Melania meraih gelar dari dua lembaga pendidikan, yakni Wellesley College dan Yale University.

Blaz Matija Vogelnik, seorang profesor yang mengajari Melania dalam waktu singkat mengatakan kepada NBC pada Agustus lalu bahwa calon ibu negara itu tidak menyelesaikan kursus. Namun ia diklaim telah lulus tes masuk perguruan tinggi dan digambarkan oleh sang profesor sebagai seorang yang memiliki IQ tinggi.

Ketika beberapa waktu lalu spekulasi terkait pendidikan Melania merebak, seluruh laman di terkait dirinya di situs Trump menghilang.

Lantas, ibu dari Barron Trump itu mencuit di media sosial Twitter bahwa penghapusan tersebut terjadi karena informasi itu tidak mencerminkan kepentingan bisnis dan profesionalnya saat ini.

Pihak Trump sendiri pernah membantah informasi yang menyebutkan bahwa Melania berhenti kuliah. Mereka menyebut laporan itu 'liar'.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini