Sukses

Drone dan Pesawat Nyaris Tabrakan di Pusat Kota London

Saat drone terlihat, Airbus A320 itu membawa sekitar 165 penumpang dan tengah terbang mendekati Bandara Heathrow.

Liputan6.com, London - Sebuah pesawat penumpang nyaris bertabrakan dengan drone atau pesawat tak berawak di pusat kota London.

Airbus A320 yang membawa sekitar 165 penumpang itu tengah terbang mendekati Bandara Heathrow. Saat itu 18 Juli 2016 dan kedua unit berjarak 66 feet atau 20 meter.

Menurut laporan berdasarkan observasi pilot yang dikutip dari BBC, insiden tabrakan ini sangat nyaris terjadi. Kala itu pesawat berada di ketinggian 4,900 feet atau 1.494 meter ketika pesawat tak berawak itu terlihat dari sisi kanan dek jendela penerbangan.

Para kru mengatakan pesawat tak berawak itu digambarkan berwarna hitam dengan lebar sekitar 50 cm. Kemungkinan terbang di atas sayap kanan dan horizontal stabilizer pada ekor pesawat.

"Para anggota setuju bahwa kejadian ini memang insiden nyaris bertabrakan antara pesawat dan drone. Operator pesawat tak berawak itu tak seharusnya terbang di lokasi itu pada ketinggian tersebut," demikian menurut laporan UK Approx Board.

Laporan tersebut menambahkan, bahwa pada insiden digambarkan situasi nyaris tabrakan pesawat di London itu bisa dihindari dan kesempatan memainkan peranan utama.

Insiden itu dianggap dalam kategori risiko "paling serius". Kendati demikian saat ini operator drone belum 'diburu'.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.