Sukses

Media Austria: 'Gempa Trump' Mengguncang Dunia

Kemenangan Donald Trump dalam Pilpres AS menjadi perbincangan ramai di seantero Benua Eropa.

Liputan6.com, Wina - Kemenangan Donald Trump mengguncang dunia. Tidak hanya di Amerika Serikat, di negara-negara Uni Eropa, nama Presiden ke-45 Amerika Serikat terpilih itu menjadi buah bibir di kalangan masyarakat.

Sosok yang terpilih melalui partai Republik ini menghiasi halaman utama koran-koran besar. Salah satunya media cetak Oesterreich di ibukota Austria yang terbit 10 November 2016.

Koran harian yang memiliki pembaca terbesar di Austria ini menampilkan cover Donald Trump dengan judul ‘‘Trump-Beben schockt die Welt‘‘ (Gempa Trump Mengguncang Dunia).

Khusus untuk edisi kali ini, Oesterreich membuat liputan khusus Donald Trump dengan 10 halaman tambahan. Penyajian berita Trump meliputi, hasil pemilu Amerika Serikat dan foto-foto perayaan kemenangan yang diliput langsung koresponden dari kota New York.

Koran yang diedarkan secara gratis ini juga menampilkan berita-berita seputar Hillary Clinton yang menjadi lawan Trump dalam pemilu AS tersebut.

Selain laporan langsung, Oesterreich juga memberitakan komentar-komentar dari pejabat tinggi serta politikus Austria terkait terpilihnya Donald Trump sebagai orang nomor satu di Pemerintahan Amerika Serikat tersebut.

Menlu Austria, Sebastian Kurz, dalam wawancara dengan Oesterreich memberikan komentar positif terhadap Trump. Ia menilai, Trump punya visi yang sama terkait memerangi aksi terorisme di wilayah Timur Tengah. "Sama dengan Austria, Trump juga ingin memerangi ISIS," ujar Kurz.

Tak hanya koran Oesterreich, media cetak lain seperti Heute juga memberikan porsi lebih pada edisi 10 November 2016.

Di halaman depan, Heute dengan grafis topi dengan kepala bola dunia ini memberikan judul ‘‘Wie gefaehrlich ist Trump‘‘ (Seberapa Bahayanya Trump?).

Tampilan cover koran Heute edisi 10 November 2016 menampilkan grafis unik terkait Donald Trump. (Liputan6.com/Reza Khomaini)

Koran harian yang menjadi kompetitor Oesterreich ini juga menampilkan foto Melania Trump di sudut kanan bawah halaman. Untuk edisi ini, Heute menyajikan 5 halaman khusus mengenai hingar bingar Donald Trump.

 

* Reza Khomaini adalah kontributor Liputan6.com di Wina, Austria

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini