Sukses

Tersesat Saat Cari Makan, Buaya Raksasa Dievakuasi Pakai Traktor

Saking besarnya, buaya raksasa itu harus dipindahkan dengan menggunakan alat berat seperti traktor.

Liputan6.com, Colombo - Departemen margasatwa Sri Lanka dilaporkan menyelamatkan seekor buaya 'raksasa' yang terjebak di sebuah kanal. Diduga reptil itu tengah mencari makan.

Reptil itu ditemukan di selatan Kota Matara dan dipercaya memiliki berat hampir satu ton dengan panjang mendekati 6 meter.

"Kami menemukan jenis yang hampir sama sekitar 4 atau 5 bulan yang lalu di Sungai Polathumodrara. Buaya ini telah mencapai besar maksimum," kata penggiat lingkungan Uppala Jayatissa, seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (11/11/2016).

Buaya 'raksasa' itu ditemukan pada Senin 7 November 2016, terjebak di kanal yang bermuara ke Sungai Nilawala yang mengalir di sepanjang permukiman warga.

Saking besarnya, buaya raksasa itu harus dipindahkan dengan menggunakan alat berat seperti traktor (Reuters).

Menurut laporan media setempat, predator itu mencari makan ke permukaan setelah volume air meningkat akibat terjadinya hujan deras.

Saking besarnya, buaya raksasa itu harus dipindahkan dengan menggunakan alat berat seperti traktor (Reuters).

"Dengan pertolongan warga dan polisi kami dapat mengamankan buaya itu sebelum dikirim kembali ke tempat asalnya tanpa harus menyakiti hewan bergigi tajam tersebut," kata pejabat departemen margasatwa, Rivandra Kumar.

"Buaya ini terlalu besar untuk pindah sendiri, jadi kami menggunakan alat transportasi," tambah Kumar.

'Raksasa' itu dikembalikan ke dalam sungai dengan menggunakan bantuan traktor dan alat penggali JCB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini