Sukses

Kemenangan Trump Jadikan Kota Kecil di Slovenia Ini Populer

Seiring dengan kemenangan Trump, pamor sebuah kota kecil di Slovenia, Sevnica, melejit.

Liputan6.com, Ljubljana - Euforia kemenangan Donald Trump dalam pemilu presiden (AS) menular ke sebuah kota kecil di Slovenia, Sevnica. Kota tersebut merupakan tempat lahir Melania (46), istri Trump, First Lady AS berikutnya.

Sevnica terletak di kaki Pengunungan Alpen dan memiliki penduduk kurang dari 5.000 orang. Kota ini tidak begitu terdengar gaungnya di dalam negeri, terlebih di mancanegara.

Namun seiring dengan kemenangan Trump, Sevnica bersiap menyambut keuntungan finansial mengingat kota tersebut akan dikenal sebagai tempat kelahiran Melania.

"Kadang-kadang tekanan media itu terlalu besar. Rakyat di Sevnica tidak mempedulikannya. Di lain sisi, perhatian global berefek positif karena Sevnica berkembang sebagai tujuan pariwisata," ujar Wali kota Sevnica, Srecko Ocvirk seperti dikutip Reuters, (10/11/2016).

Ocvirk secara terang-terangan mengakui bahwa ia dan warga kotanya mendukung pencalonan Trump.

"Kami sangat puas dengan hasil pemilu," ujarnya.

Melania yang lahir pada 1970 dilaporkan menempati sebuah blok apartemen di Sevnica bersama dengan keluarganya. Ketika ia beranjak remaja, keluarga itu pindah ke sebuah rumah berlantai dua di dekat Sungai Sava di pinggiran kota.

Menurut pengakuan warga Sevnica, ayah Melania adalah seorang penjual suku cadang mobil sementara sang ibu bekerja di produsen pakaian anak yang sangat populer di Yugoslavia sebelum negara itu runtuh pada 1990-an.

Karier model Melania membawa perempuan yang pernah berpose bugil itu ke Milan sebelum akhirnya ia berdiam di Negeri Paman Sam. Seorang teman semasa sekolahnya menceritakan, Melania kecil adalah seorang yang kreatif dan inovatif.

"Bahkan sebagai seorang anak kecil, Melania tergolong kreatif, inovatif, dan Sevnica terlalu kecil buat dia," ujar Mirjana Jelancic, teman SD Melania.

"Dia layak mendapatkannya dan ketika aku dengar Donald mencalonkan diri, aku mengatakan pada diri sendiri, ini akan menjadi sangat sulit buat dia. Dia tak pernah ingin menjadi pusat perhatian. Tapi dia melakukan tugasnya dengan baik saat berkampanye," imbuh Jelancic.

Kepala Puskemas Kota Sevnica, Vladimira Tomsic, yang pernah menerima sumbangan dari Melania pada tahun 2005 saat perempuan itu tengah hamil anak laki-lakinya, Baron mengatakan, ia yakin Melania akan sukses menjalankan tugasnya di Gedung Putih.

"Melania akan menjadi Ibu Negara yang sangat baik di mana dia akan mempraktikkan nilai-nilai Slovenia yang rendah hati, setia, dan percaya pada AS serta dunia," ungkap Tomsic.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.