Sukses

Ini Cara Warga New York 'Coblos' Capres, Mirip Indonesia?

Hanya ada sedikit perbedaan dalam tata cara memilih, seperti apa? Ini dia ulasannya.

Liputan6.com, New York - Pemilihan Umum Amerika Serikat sudah di depan mata. Jika dibandingkan dengan Indonesia, cara masyarakat AS menyampaikan hak suaranya relatif sama. Hanya ada sedikit perbedaan dalam tata cara memilihnya.

Liputan6.com mendapat kesempatan melihat simulasi cara masyarakat AS menentukan pilihan, bersama jurnalis sekitar 50 negara di seluruh dunia. Penjelasan terkait cara memilih di Amerika Serikat disampaikan langsung Eksekutif Direktur Komisi Pemilihan Umum Daerah Bronx, New York.

Ryan menyatakan, setiap Negara Bagian di AS punya regulasi berbeda di setiap hari pemilihan. Begitu pula di New York.

Ia menjelaskan, tempat pemungutan suara akan dibuka sejak pagi. Sebelum masuk ke tempat pemilihan suara (TPS) ada sedikit tahapan yang harus dilewati.

"Saat kamu datang ke tempat pemungutan suara ada meja informasi, jika kamu tahu di mana distrik tempat Anda tinggal, Anda bisa langsung masuk ke tempat pemilihan," sebut Ryan di Bronx, New York.

"Setelah itu, lalu pergi ke meja yang sudah ditandai dan beri tahu nama Anda dan minta untuk memilih," sambung dia.

Setelahnya, petugas TPS tak akan langsung memberikan surat suara. Ada kertas data diri yang musti diisi.

"Para petugas TPS akan memberikan kertas yang harus diisi terkait informasi data diri," jelasnya.

"Lalu setelah menandatangani buku data diri, akses Anda ke bilik suara adalah tanda tangan. New York adalah negara bagian yang untuk memilih tidak membutuhkan KTP ," tambah dia.

Usai urusan data diri usai, mulailah pemilik hak suara memberikan pilihannya. Berbeda dengan Indonesia, untuk memilih, masyarakat AS tidak mencoblos pilihannya, melainkan menandainya dengan pulpen.

"Lalu setelah itu kalian menuju proses pengambilan suara, bawa surat suara Anda ke bilik suara. Lalu setelah menandai calon pilihannya, masukan pilihan Anda ke mesin (scaner pilihan) yang berjumlah 200 di tempat tersedia," pungkas Ryan.

*Liputan Pilpres AS langsung dari Miami dan New York terlaksana berkat kerja sama dengan Kedubes Amerika Serikat untuk Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.