Sukses

Anggun, 4 Bangsawan Inggris Ini Berkerudung Saat Kunjungi Masjid

Berikut empat perempuan keluarga Kerajaan Inggris yang memakai kerudung ketika mengunjungi masjid di sejumlah negara.

Liputan6.com, London - Kunjungan kenegaraan adalah hal yang biasa dilakukan oleh para pejabat dan sosok penting suatu negara, termasuk keluarga Kerajaan Inggris.

Sejak Pangeran Charles menikahi Diana, kehidupan keluarga itu kian ramai diberitakan di media, karena perempuan kelahiran 1961 tersebut gemar mengunjungi sejumlah negara untuk melakukan aksi kemanusiaan.

Tak hanya seputar program yang dijalankannya, pilihan busana yang dikenakannya ke sejumlah negara pun turut menjadi sorotan.

Salah satu busana Putri Diana yang paling dikenang adalah gaun rancangan Victor Edelstein. Ia memakai gaun panjang berwarna biru tua ketika berdansa dengan John Travolta dalam jamuan makan malam di Gedung Putih pada 9 November 1985.

Tidak hanya itu, momen ketika Putri Diana mengenakan kerudung ketika ia mengunjungi Masjid Al-Azhar pada 1992 pun menjadi salah satu yang paling dikenang.

Ternyata, bukan hanya Putri Diana saja yang pernah memakai kerudung ketika mengunjungi masjid dalam sebuah kunjungan kenegaraan. Berikut empat perempuan Keluarga Kerajaan Inggris lain yang memakai kerudung ketika mengunjungi masjid di sejumlah negara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Camilla Parker Bowles

Pangeran Charles dan Camilla saat berkunjung ke Masjid Agung Sheikh Zayed, Uni Emirat Arab (AP)

Pangeran Charles mempersembahkan salinan digital dari fragmen Alquran kuno yang ditemukan oleh University of Birmingham dalam kunjungannya ke Uni Emirat Arab (UEA). Salinan tersebut akan menjadi pusat dari hubungan budaya yang dilakukan antara Inggris dengan negara Teluk itu.

Dilansir oleh BBC, perkamen dari kulit kambing atau domba berusia 1.370 yang asli itu saat ini sedang dipamerkan di Birmingham.

Namun untuk kali pertama, salinan digital dari mansukrip itu telah dibawa keluar dari Inggris dan ditampilkan dalam sebuah acara di Uni Emirat Arab.

Pangeran Charles yang didampingi oleh istrinya, Camilla, tiba pada 5 November 2016 di UEA. Di sana mereka mengunjungi Masjid Besar Sheikh Zayed di Abu Dhabi.

Sebagai salah satu bentuk rasa hormat, Camilla terlihat mengenakan kerudung berwarna biru dan memakai pakaian serba panjang berwarna senada. Mereka pun berkeliling masjid tersebut dan ditemani oleh pejabat UEA.

3 dari 5 halaman

2. Kate Middleton

Kate Middleton mengenakan hijab saat mengunjungi masjid Assyakirin di Malaysia (Reuters)

Pada September 2012 Pangeran Charles dan Kate Middleton tiba di Kuala Lumpur dalam sebuah kunjungan kenegaraan. Di sana, mereka sempat berkeliling di Masjid Assyakarin, tempat ibadah terbesar di Malaysia yang dapat menampung 12.000 jamaah untuk Salat Jumat.

Baik Charles maupun Kate belum pernah mengunjungi masjid sebelumnya. Seperti dilansir The Telegraph, keduanya mengaku terpesona oleh bangunan dan sejarah Masjid Assyakarin.

Dalam kesempatan itu, Kate terlihat elegan dengan menggunakan gaun lengan panjang dan kerudung berwarna putih yang didesain oleh Beulah London. Sebelum masuk masjid, kedua pasangan Kerajaan Inggris itu juga melepas alas kakinya.

"Ini pertama kalinya kami ke Kuala Lumpur. Sangat indah ya," ujar Pangeran William kepada Direktur Departemen Agama Islam Malaysia, Datuk Che Mat Bin Che Ali.

4 dari 5 halaman

3. Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II saat mengunjungi Masjid Agung Syeikh Zayed di Uni Emirat Arab pada 2010 (AFP)

Atas undangan Presiden Khalifah bin Zayid al-Nahyan, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip tiba Abu Dhabi pada 24 November 2010. Sebelumnya, mereka pernah berkunjung ke negara itu pada 1979.

Dilansir oleh Emirates 24/7, Jenderal Mohammed yang menerima keluarga Kerajaan Inggris menegaskan bahwa kunjungan itu membuka fase baru dalam menjalin hubungan kerjasama erat dan mengikat tali persahabatan antara kedua negara.

Dalam kunjungan itu, Jenderal Mohammed menemani Ratu Elizabeth dan rombongan ke makam Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan dan Masjid Agung Sheikh Zayed.

Ratu Elizabeth yang terlihat mengenakan gaun panjang berwarna emas dan juga kerudung berwarna senada, menyapa perwakilan media lokal dan internasional sebelum memasuki masjid.

Sang ratu mengagumi keindahan arsitektur masjid, desain bernuansa Islam, dan kaligrafinya.

5 dari 5 halaman

4. Putri Diana

Putri Diana saat mengunjungi Masjid Badshahi di Pakistan (kanan) dan Masjid Al-Azhar di Kairo, Mesir (Daily Mail)

Selain dikenal sebagai sosok putri yang gemar melakukan kegiatan kemanusiaan, Putri Diana juga dikenal sebagai fashion icon yang hingga kini masih kerap diperbincangkan.

Terlebih, sejumlah pihak menyebut bahwa pilihan busana yang dikenakan oleh menantunya, Kate Middleton, beberapa kali tampak serupa dengan apa yang pernah dipakai oleh Diana.

Dalam kunjungannya ke Masjid Assyakarin di Malaysia pada 2012 lalu, model pakaian dan kerudung yang dikenakan oleh Kate terlihat serupa dengan apa yang dipakai oleh Diana saat ia mengunjungi Masjid Al-Azhar di Kairo, Mesir, pada 1992.

Tak hanya di Mesir, Putri Diana juga terlihat mengenakan kerudung saat mengunjungi Masjid Badshahi, Pakistan. Dalam kesempatan itu, ia mengenakan gaun dengan panjang selutut berlengan panjang dan memakai pashmina hitam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini