Sukses

Top 3: Potensi ISIS Susupi Demo Damai 4 November di Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah keramaian para demonstran, tampak kendaraan diplomatik Turki difoto dengan latar belakang Masjid Istiqlal. Pengguna Facebook dengan akun Sahabat Erdogan begitu bersemangat mengkaitkannya dengan dukungan Turki kepada demonstrasi 4 November 2016 di Jakarta.

Liputan6.com mendapatkan kepastian tertulis dari pihak Kedutaan Besar Turki di Jakarta, bahwa Wakil Menteri Pertahanan Republik Turki HE Suay Alpay hadir di Jakarta untuk mengikuti Indo Defence. Bantahan terhadap kabar tidak benar itu menjadi pusat perhatian para pembaca Liputan6.com pada Jumat (4/11/2016) sore.

Demikian juga dengan peringatan media asing tentang kemungkinan upaya ISIS untuk memanfaatkan celah kesempatan selama demonstrasi 4 November. Kabar itu menyedot perhatian pembaca.

Terakhir, kabar melegakan datang dari Amerika Serikat, ketika seorang wanita yang hilang selama 2 bulan akhirnya ditemukan lagi dalam kontainer. Korban masih hidup, walaupun lehernya diikat dengan rantai bak seekor anjing.

Berikut adalah Top 3 Global selengkapnya:

1. Ramai Foto di Istiqlal, Turki Bantah Dukung Demo 4 November

Foto Wakil Menteri Pertahanan Republik Turki, HE Suay Alpay berkunjung ke Masjid Istiqlal. (Facebook @SahabatErdogan)

Ramai beredar di media sosial foto perwakilan negara Turki mengunjungi Indonesia. Potret berlatar Masjid Istiqlal itu memicu spekulasi bahwa negeri pimpinan Presiden Recep Tayyip Erdogan itu mendukung demo damai 4 November.

Sebab saat foto itu beredar, salah satunya di akun Facebook milik Sahabat Erdogan, sebagian massa yang akan mengikuti demo 4 November tersebut sudah tiba di Istiqlal. Terkait hal itu, pihak kedutaan pun buka suara dan menampik pemberitaan tersebut.

"Wakil Menteri Pertahanan Republik Turki HE Suay Alpay yang berada di Jakarta untuk INDODEFENCE mengunjungi Monas dan Masjid Istiqlal selama tur wisata kemarin selama beberapa menit," demikian klarifikasi pihak Kedutaan Turki melalui keterangan tertulis kepada Liputan6.com, Jumat 4 November 2016.

Selanjutnya...

 

2. Media Asing: Waspadai ISIS Menyusup di Demo Damai 4 November

Gubernur DKI Jakarta itu tidak pernah menduga celetukannya bakal memicu reaksi besar.

Unjuk rasa yang digelar pada hari ini, 4 November 2016 menyita banyak perhatian. Aksi tersebut terkait kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Polisi bahkan telah menyiagakan belasan ribu personel gabungan demi mengamankan aksi demo damai 4 November tersebut.

Terkait hal tersebut, beberapa media asing menyorot tentang kewaspadaan adanya kelompok teroris ISIS menyusup demo damai tersebut.

Meski demikian, keberadaan ISIS yang kemungkinan menyusup sudah diantisipasi oleh polisi RI. Hal itu dilaporkan oleh media Singapura, Straits Times, yang mengutip Kapolri Tito Karnavian, dalam artikel bertajuk, "Indonesian ISIS sympathisers expected at Anti-Ahok rally on Nov 4".

Selanjutnya...


3. Hilang 2 Bulan, Wanita Ini Dirantai seperti Anjing di Kontainer

Kontainer tempat temauan Kala Brown. Ia ditemukan terikat lehernya di dalam kontainer. (Sumber WYFF4)

Suatu ketika, seorang sherif wanita dan rekan-rekannya akan menyampaikan surat perintah pengadilan ke suatu lahan di negara bagian South Carolina, Amerika Serikat. Di sana ia mendengar suara-suara benturan misterius. Ia pun meminta rekannya untuk memastikan asalnya.

Sukar memastikan suara itu. Menurut seorang rekannya, bisa saja itu hanya suara yang berasal dari dalam hutan.

Petugas itu mendengarkan lagi dan suaranya semakin kencang ketika mereka mendekati sebuah kontainer sepanjang 30 kaki -- sekitar 9 meter. Ada suara benturan-benturan di dalamnya.

Chuck Wright, sherif Spartanburg County, mengatakan kepada HLN bahwa dari dalam kontainer terdengar jeritan-jeritan perempuan.

Selanjutnya...