Sukses

Ramai Foto di Istiqlal, Turki Bantah Dukung Demo 4 November

Saat foto itu beredar, sebagian massa yang akan mengikuti demo damai 4 November sudah tiba di Istiqlal.

Liputan6.com, Jakarta - Ramai beredar di media sosial foto perwakilan negara Turki mengunjungi Indonesia. Potret berlatar Masjid Istiqlal itu memicu spekulasi bahwa negeri pimpinan Presiden Recep Tayyip Erdogan itu mendukung demo damai 4 November.

Sebab saat foto itu beredar, salah satunya di akun Facebook milik Sahabat Erdogan, sebagian massa yang akan mengikuti demo 4 November tersebut sudah tiba di Istiqlal. Terkait hal itu, pihak kedutaan pun buka suara dan menampik pemberitaan tersebut.

"Wakil Menteri Pertahanan Republik Turki HE Suay Alpay yang berada di Jakarta untuk INDODEFENCE mengunjungi Monas dan Masjid Istiqlal selama tur wisata kemarin selama beberapa menit," demikian klarifikasi pihak Kedutaan Turki melalui keterangan tertulis kepada Liputan6.com, Jumat (4/11/2016).

"Orang-orang yang melihat bendera Turki di mobil dinasnya, lantas mengambil gambar dengan dia," ucap pihak kedutaan.

Kedatangan Suay Alpay juga disebutkan tak terkait dengan aksi massa terkait kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Ahok.

"Tur wisata kemarin tidak ada hubungannya dengan demonstrasi yang direncanakan di Jakarta hari ini," demikian pihak kedutaan menjelaskan.

Melalui keterangan tertulisnya, pemerintah Republik Turki pun menyampaikan bahwa mereka tak memiliki niat untuk mencampuri masalah dalam negeri Indonesia yang memiliki hubungan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini