Sukses

Aktor Pemeran 'Pahlawan AS' Mendapat Kewarganegaraan Rusia

Di tengah meningkatnya tensi hubungan Washington-Moskow, aktor Hollywood, Steven Seagal, dianugerahi kewarganegaraan Rusia.

Liputan6.com, Moskow - Aktor laga Amerika Serikat (AS), Steven Seagal diberikan status kewarganegaraan Rusia. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Kremlin.

Seperti dilansir BBC, Kamis (3/11/2016), Presiden Rusia, Vladimir Putin telah menandatangani keputusan untuk memberikan penghargaan kepada Seagal yang tak hanya dikenal sebagai aktor laga, namun juga ahli seni bela diri.

Pria kelahiran 10 April 1951 itu berjaya lewat sejumlah film laga yang dibintanginya pada tahun 1990-an. Seagal kerap tampil sebagai pemeran pahlawan AS yang melawan musuh dari berbagai negara. 

Tanpa banyak diketahui publik, Seagal yang merupakan kelahiran Lansing, Michigan, itu berteman dengan Presiden Putin. Ia menyebut presiden Rusia itu sebagai 'salah satu pemimpin terbesar di dunia'.

Juru bicara Putin mengatakan bahwa pemberian kewarganegaraan ini dilatarbelakangi oleh alasan, Seagal memiliki perasaan bersahabat terhadap Rusia serta ia berstatus sebagai seorang aktor terkenal.

Sebelumnya, Seagal pernah tampil 'membela' Rusia. Ia berkomentar bahwa tindakan Negeri Beruang Merah menganeksasi Krimea pada 2014 adalah tindakan yang 'sangat wajar'.

Seagal yang juga berprofesi sebagai seorang gitaris ini diketahui menggelar konser di Krimea pada tahun yang sama ketika Rusia mencaplok kawasan itu.

Sementara itu pada 2013 lalu, Presiden Putin dilaporkan melempar usulan agar Seagal menjadi konsul kehormatan Rusia di California dan Arizona. Jika ini terwujud maka ia akan menjadi perantara potensial antara Gedung Putih dan Kremlin. Namun usul ini ditolak AS.

Ternyata, dalam tubuh Seagal juga mengalir darah Rusia. Itu didapatnya dari sang nenek yang berasal dari Vladivostok. Alasan ini pula yang membuatnya kerap bolak balik Rusia dalam beberapa tahun terakhir. Pada September lalu, ia diketahui mengunjungi Kamchatka dan Sakhalin.

Selama kunjungannya, ia mengaku ingin menghabiskan waktu selama beberapa bulan di Rusia. Demikian menurut kantor berita Rusia, Tass.

Tak hanya Seagal, namun sejumlah tokoh lain pun tercatat mendapat pemberian kewarganegaraan Rusia antara lain aktor Prancis, Gerard Depardieu, petinju AS, Roy Jones, atlet seni bela diri AS, Jeff Monson, dan peseluncur AS, Vic Wild.

Sebelum Rusia, Seagal telah lebih dulu diberikan kewarganegaraan Serbia. Ini terjadi tak lama setelah ia menawarkan untuk membuka sebuah sekolah seni bela diri di Beograd.

Aksi bela diri Seagal dapat disaksikan nyaris dalam seluruh film yang dibintanginya termasuk di antaranya Hard to Kill, Above the Law, Under Siege, Into the Sun dan masih banyak lagi.

Pemberian kewarganegaraan terhadap Seagal ini terjadi di tengah memanasnya hubungan AS-Rusia. Kedua kekuatan besar dunia ini berseteru dalam sejumlah isu, salah satunya perang Suriah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.