Sukses

Top 3: Daftar Pasukan Khusus Terbaik Sedunia

Liputan6.com, Jakarta - Untuk tugas-tugas pertahanan tertentu, negara-negara memiliki kelompok kecil yang sangat terlatih, bekerja secara mandiri dan 'siluman', berkecepatan tinggi, serta dipersenjatai dengan senjata khusus.

Daftar 8 negara dengan pasukan khusus terbaik sedunia pun menjadi pusat perhatian para pembaca Liputan6.com pada Senin (31/10/2016) sore.

Selain pasukan khusus, mumi istimewa pun menjadi pusat perhatian pembaca. Bagaimana tidak, lebih dari seratus mumi Chinchorro asal Chile yang telah terawetkan setidaknya 7.000 tahun, sekarang mulai meleleh. Berbagai upaya pun direncanakan agar dapat menyelamatkan peninggalan berharga tersebut.

Kembali ke dunia pertahanan, ternyata ada 5 persenjataan canggih berbiaya sangat mahal yang tidak pernah dipakai. Beberapa sistem senjata dibatalkan saat masih sedang dalam pengembangan, namun ada juga yang terbengkalai setelah sistemnya selesai.

Berikut adalah Top 3 Global selengkapnya:

 

1. 8 Negara Ini Miliki Pasukan Khusus Terbaik di Dunia

Sejumlah anggota Navy SEAL tengah berlatih (Reuters)

Setiap negara memiliki pasukan khusus yang dibentuk serta dilatih untuk melaksanakan misi perang non-konvensional, anti-teroris, pengintaian, dan pertahanan luar negeri. Lazimnya, pasukan ini terdiri dari kelompok kecil yang sangat terlatih, bekerja secara mandiri dan 'siluman', berkecepatan tinggi, serta dipersenjatai dengan senjata khusus.

Keberadaan pasukan khusus itu jarang dapat disaksikan secara langsung, namun kerap 'muncul' dalam berbagai film berlatar militer atau peperangan. Mereka menyebut diri mereka sendiri sebagai 'profesional sunyi'.

Dihimpun dari Business Insider, Minggu 30 Oktober 2016, berikut 8 pasukan khusus terbaik di dunia.

Selanjutnya...


2. Mumi Tertua di Dunia asal Chile 'Meleleh', Apa Sebabnya?

Mumi tertua di dunia asal Chile berubah menjadi lendir hitam (Reuters)

Lebih dari seratus mumi Chinchorro asal Chile yang telah terawetkan setidaknya 7.000 tahun, berubah menjadi lendir berwarna hitam. Ini disebabkan karena meningkatnya tingkat kelembaban yang menyebabkan pertumbuhan bakteri pada kulit mumi.

Peneliti Chile saat ini sedang mencari dana untuk mengawetkan mumi yang mulai 'meleleh' itu.

Chinchorro merupakan orang-orang yang mendiami pesisir Gurun Atacama di Chile utara dan selatan Peru pada tahun 7000 hingga 1500 SM. Mereka yang berasal dari budaya tersebut mengandalkan memancing, berburu, dan mengumpulkan makanan untuk bertahan hidup.

Selanjutnya...


3. 5 Senjata yang Memiliki 'Harga Selangit' Ini Tak Pernah Digunakan

A-12 Avenger II (US Navy)

Senjata modern memang jauh dari kata murah. Sejumlah negara bahkan menetapkan anggaran yang fantastis untuk meningkatkan sistem pertahanan negaranya.

Namun tak semua rencana pengembangan sistem senjata yang telah dianggarkan dapat berjalan dengan baik. Terdapat sejumlah sistem yang sudah menghabiskan biaya dengan jumlah tidak sedikit justru pada akhirnya dibatalkan pengembangannya.

Seperti dikutip dari Listverse, Minggu 30 Oktober 2016, berikut 5 sistem senjata berharga selangit yang pada akhirnya tak digunakan.

Selanjutnya...