Sukses

Seperti Ini Posisi 'Jam Kiamat' di Tengah Isu Perang Dunia III

'Jam kiamat' adalah cara menjelaskan tentang ancaman-ancaman yang nyaris memusnahkan peradaban manusia. Termasuk isu Perang Dunia III.

Liputan6.com, London - Para ilmuwan berpendapat bahwa kemanusiaan bergerak semakin dekat dengan kebinasaan total, apalagi karena 'Jam Kiamat' terus berdetik.

'Jam' yang dimaksud diciptakan oleh Bulletin of the Atomic Scientists dan dimaksudkan sebagai cara menjelaskan tentang ancaman-ancaman yang nyaris memusnahkan kemanusiaan.

Dikutip dari The Sun pada Senin (31/10/2016), seiring dengan bahaya perang nuklir atau teknologi-teknologi baru yang mematikan, Jam Kiamat berdetik semakin dekat ke posisi tengah malam yang melambangkan titik di mana akhir zaman terjadi.

Sekarang ini, jam simbolis itu bertengger pada 3 menit menjelang tengah malam. Artinya, dunia ini sedang berada dalam salah satu posisi paling tak menentu. Ditambah lagi munculnya kekhawatiran terjadinya perang global atau Perang Dunia III.

Waktu yang ditunjukkan oleh 'jam' ini ditentukan oleh para pakar yang menjadi anggota Dewan Ilmu dan Keamanan di Bulletin of the Atomic Scientists.

Mereka menelaah seberapa aman atau bahaya pada dunia ini sesudah suatu kejadian, misalnya kesepakatan Presiden Obama dengan pihak Iran tentang senjata nuklir.

Melihat konflik yang terus terjadi, serta tindakan Presiden Rusia, Vladimir Putin yang dinilai 'agresif' oleh Barat, berikut ini adalah riwayat ‘Jam Kiamat’ untuk menjelaskan betapa nyarisnya manusia menuju kebinasaan:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Posisi Jam Kiamat Sejak 1947

Menurut atase Kedubes Belarus, langkah negaranya untuk menyingkirkan semua senjata nuklirnya patut dicontoh negara lain.

 

1947 – 7 menit sebelum tengah malam

Jam itu pertama kali diciptakan pada 1947, ketika para pendiri majalah tersebut ingin menyatakan ancaman bahaya persenjataan nuklir kepada kemanusiaan.

1949 – 3 menit sebelum tengah malam

Beberapa tahun kemudian, jam itu disesuaikan untuk mencerminkan bahaya uji senjata nuklir oleh Uni Soviet, yang secara efektif memulai perlombaan senjata antara Amerika Serikat (AS) dan Negeri Tirai Besi.

Menurut buletin itu, "Kami bukan menakuti-nakuti bangsa Amerika bahwa kiamat sudah dekat dan bahwa ancaman bom-bom atom bisa jadi menghujani kepala mereka dalam sebulan atau setahun ke depan."

"Tapi kami merasa mereka punya alasan untuk sangat waspada dan mempersiapkan keputusan-keputusan mengerikan."

1953 – 2 menit sebelum tengah malam

Ketika AS menguji bom hidrogen pertamanya, buletin mengingatkan bahwa kemanusiaan saat itu lebih dekat lagi dengan kepunahan akibat perang nuklir.

Senjata nuklir (jejaktapak.com)

1963 – 12 menit sebelum tengah malam

Setelah pengujian senjata selama 10 tahun, AS dan Uni Soviet akhirnya menandatangani Perjanjian Pelarangan Uji Sebagian, yang menjadi indikator kunci bahwa 2 negara itu berniat bekerja sama mengakhiri permusuhan selama 1 dekade sebelumnya.

1968 – 7 menit sebelum tengah malam

Keadaan mulai goyah lagi ketika Prancis dan China mengembangkan senjata-senjata nuklir mereka sendiri dan ada beberapa perang regional di seluruh dunia.

1974 – 9 menit sebelum tengah malam

India menguji bom nuklir pertamanya, beberapa tahun setelah AS dan Uni Soviet menandatangani lebih banyak lagi aturan yang dirancang untuk mengurangi risiko perlombaan senjata nuklir.

3 dari 3 halaman

2016, Kembali ke Titik Gawat

1981 – 4 menit sebelum tengah malam

Hubungan dua adidaya nuklir kembali menjadi dingin setelah Ronald Reagan bertekad mendesak perlombaan senjata.

1984 – 3 menit sebelum tengah malam

Keadaan menjadi lebih suram karena terhentinya dialog antara Uni Soviet dan AS.

Siapa sangka, ternyata Titanic tenggelam hanya karena kunci yang hilang atau Tembok Berlin runtuh karena pejabat salah omong.

1990 – 10 menit sebelum tengah malam

Setelah ketegangan Perang Dingin selama bertahun-tahun, Uni Soviet ambruk dengan sendirinya. Kemanusiaan pun bisa menarik nafas lega setelah robohnya Tembok Berlin di akhir 1989.

1991 – 17 menit sebelum tengah malam

Perang Dingin dinyatakan telah benar-benar berlalu dan ancaman nuklir reda sepenuhnya dan inilah titik paling aman sejak jam itu diciptakan.

1998 - 8 menit sebelum tengah malam

India dan Pakistan mulai menguji senjata-senjata nuklir yang lebih mematikan lagi, berbarengan dengan kembalinya keengganan Rusia dan Amerika untuk memusnahkan sejumlah besar cadangan nuklir mereka.

2007 - 5 menit sebelum tengah malam

Korea Utara menguji senjata-senjata nuklir, bersamaan dengan masa ketegangan nuklir baru antara Rusia dan AS.

2016 - 3 menit sebelum tengah malam

Saat ini, jam sedang berada di salah satu titik terdekat dengan tengah malam, yaitu ketika Rusia dan AS berada dalam titik terdingin sejak Perang Dingin -- yang menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya Perang Dunia III.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini