Sukses

Top 3: Cerita Mengerikan dari Balik 'Benteng' ISIS di Mosul

Liputan6.com, Jakarta - Kekejaman kelompok ISIS sudah kerap menjadi bahan pemberitaan dunia, apalagi dalam beberapa hari terakhir ini ketika pasukan pemerintah Irak mulai melakukan operasi besar-besaran mengambil kembali kota-kota yang selama ini dikuasai kaum militan.

Pada Senin (31/10/2016) pagi, perhatian para pembaca Liputan6.com kanal Global tertuju pada artikel 5 kisah mengerikan yang dilakukan militan ISIS ketika terjadi perebutan Mosul. Wilayah yang ditengarai menjadi benteng terakhir militan tersebut di Irak.

Selanjutnya, 5 fakta seputar kematian aktor Paul Walker kembali menjadi pusat perhatian. Bintang ganteng itu meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas ketika ia mengendarai kendaraan Porsche miliknya.

Terakhir, para pembaca tersedot perhatiannya pada artikel bukti kerukunan beragama di Australia. Bayangkan, sebuah masjid besar di Dandenong berdiri hanya sekitar 200 meter dari rumah ibadah Sikh, gurudwara.

Berikut Top 3 Global selengkapnya: 

1. 5 Kisah 'Horor' yang Terkuak dari Mosul, 'Benteng Terakhir' ISIS

Dua tentara pasukan khusus Irak berlari membawa senjata saat bentrok dengan militan ISIS di Bartella, timur Mosul, Irak, (20/10). (REUTERS/Goran Tomasevic)

Langit tak lagi berwarna biru di Kota Qayyarah, padang pasir di selatan Mosul. Cahaya matahari memancarkan semburat oranye yang kelam dan awan berwarna hitam berarak di siang bolong.

Itulah gambaran tengah haro setelah ISIS menembakkan senjata ke pabrik sulfur, menebarkan racun yang bisa menyumbat jalan nafas siapapun yang menghirupnya.

Beberapa warga Mosul berhasil kabur. Sebagian yang nekat keluar dari benteng terakhir ISIS itu tewas dijadikan tameng oleh kelompok teroris tersebut.

Mereka yang selamat berkisah, kesengsaraan, persaingan antar suku, dan kekejaman ISIS telah membuat mereka lupa apa itu arti kedamaian.

Selanjutnya...

 

2. 5 Fakta Paul Walker dan Porsche dalam Kecelakaan Maut 2013

Vin Diesel dan Paul Walker [foto: IBTimes]

Paul Walker berpulang secara tragis pada Sabtu 30 November 2013. Kala itu ia dan rekannya, Roger Rodas baru saja mengikuti acara amal Reach Out Worldwide, untuk mengumpulkan dana yang akan disalurkan pada korban bencana Topan Haiyan di Filipina dan tornado di Indiana.

Keduanya kemudian berlalu dengan menaiki Porsche Carrera GT 2005, yang terkenal 'galak'. Rodas ada di belakang kemudi.

Sekitar 5 sampai 10 menit kemudian, kecelakaan terjadi. Porsche berwarna merah tersebut melaju tak terkendali, menabrak tiang listrik dan pohon, lalu meledak.

Selanjutnya...


3. Masjid Megah dan Gurudwara, Bukti Kerukunan Agama di Australia

Masjid Turki di Dandenong, Melbourne, Australia. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Salah satu wilayah di Melbourne, Australia yakni Dandenong dikenal memiliki keberagaman agama. Mereka para pemeluk Baha’i, Buddha, Kristen, Hindu, Islam, Yahudi dan Sikh hidup berdampingan meski memiliki kepercayaan dan aktivitas keagamaan yang berbeda.

Salah satu yang paling mencolok adalah lokasi masjid yang merupakan tempat ibadah umat muslim, dan rumah tempat sembahyang penganut Sikh yakni gurudwara.

Liputan6.com atas undangan ABC International berkesempatan mengunjungi kedua bangunan ibadah tersebut di Melbourne. Masjid Turki dan gurudwara itu hanya terpisah jarak sekitar 200 meter

Selanjutnya...