Sukses

Gempa 6,6 SR Guncang Italia Tengah

Gempa mengguncang Italia dengan kekuatan 6,6 skala Richter.

Liputan6.com, Roma - Gempa berkekuatan 6,6 skala Richter (SR) mengguncang Italia bagian tengah pada Minggu pagi waktu setempat. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Badan Survei Geologi Amerika Serikat (AS).

Pusat gempa berada pada kedalaman kurang dari 1 kilometer dan menggoyang sekitar 5 kilometer dari Preci. Wilayah itu tak jauh dari kawasan yang diguncang dua lindu pada Kamis 27 Oktober lalu. Demikian seperti dilaporkan CNN, Minggu, (30/10/2016).

Sementara itu dikutip dari USA Today, Pusat Seismologi Eropa-Mediterania menyebut kekuatan gempa berkisar antara 6,6 atau 6,5 skala Richter dengan pusat gempa 132 kilometer di timur laut Roma dan 67 kilometer dari Perugia--dekat dengan pusat gempa pada Kamis lalu.

Berdasarkan laporan Itv, gempa merobohkan sejumlah bangunan. Namun tak ada laporan adanya korban jiwa. Hingga saat ini belum terdapat informasi lebih lanjut mengenai kondisi wilayah yang terkena guncangan.

Sebelumnya, pada Kamis lalu dua gempa berkekuatan besar mengguncang Italia tengah. Berdasarkan laporan media pemerintah ANSA, lindu pertama terjadi pukul 19.00 waktu setempat dan berlokasi di antara Perugia dan Macerata.

Menurut Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa pertama dengan kekuatan 5,5 skala Richter (SR) terjadi 3,2 kilometer di utara Visso. Sementara itu lindu kedua di wilayah yang sama berkekuatan 6,1 SR.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.