Sukses

10 Fakta Menarik tentang 'Ladang Permata' Samudra Hindia

Selain sebagai lautan terbesar di dunia ternyata Samudra Hindia memiliki sejumlah fakta menarik lainnya

Liputan6.com, Bali - Bertempat di Nusa Dua, Bali, saat ini tengah berlangsung rangkaian pertemuan IORA, yaitu perkumpulan negara-negara di di kawasan Samudera Hindia yang berlangsung sejak 21 hingga 27 Oktober mendatang. Berdiri pada Maret 1997, keberadaan IORA tak kalah penting dibanding kerjasama regional lainnya seperti APEC atau ASEAN.

"Di lingkar Samudra Pasifik, IORA merupakan satu-satunya platform atau forum untuk berdiskusi. Kalau tidak ada organisasi maka potensi konflik untuk "meledak" akan semakin besar," demikian disampaikan Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI, Desra Percaya di Nusa Dua, Bali, Selasa (25/10/2016).

Berada pada urutan ketiga sebagai lautan terbesar dunia, Samudra Hindia berbatasan dengan selatan Asia di bagian utara dan Jazirah Arab serta Afrika di bagian barat. Sementara itu, di timur berbatasan dengan Semenanjung Malaya, Sumatra, Jawa, Kepulauan Sunda Kecil. Dan di bagian selatan dibatasi oleh Antartika.

Dalam bahasa Sansekerta, Indian Ocean atau yang kita kenal dengan Samudra Hindia, disebut Ratnakara yang berarti mine of gems atau ladang permata.

Samudra Hindia merupakan salah satu jalur perdagangan laut tersibuk di dunia termasuk pengiriman minyak mentah di mana sekitar 50 persen perdagangan minyak melewati wilayah ini. Tiongkok diketahui mendatangkan 80 persen pasokan energi mereka melalui Samudra Hindia.

Seperti dikutip dari berbagai sumber pada Rabu (26/10/2016) berikut terdapat sejumlah fakta menarik yang mungkin belum diketahui banyak orang tentang Samudra Hindia:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Unik

1. 20 persen permukaan Bumi

Mendengar nama Samudra Hindia, kebanyakan orang akan langsung mengingat posisinya sebagai lautan terbesar ketiga di dunia setelah Samudra Pasifik dan Atlantik.

Total wilayahnya yang mencapai 68.556 juta kilometer persegi 'menempati' 20 persen permukaan bumi sehingga berkontribusi besar terhadap muatan air di Bumi.

Ukurannya yang besar membuat Samudra Hindia memiliki volume 292 juta kilometer kubik dengan kedalaman rata-rata 3.890 meter.

2. Lokasinya yang unik

Samudra Hindia berbatasan dengan beberapa benua. Ada Afrika di bagian barat, Kepulauan Sunda Kecil dan Australia di sebelah timur, dan Antartika di sebelah selatan.

Fakta geografis tersebut menggambarkan keragaman di kawasan ini.

Setidaknya terdapat 57 kelompok pulau, 16 negara Afrika, dan 18 negara Asia yang terhubung langsung dengan lautan ini.

Di lain sisi, terdapat pula sejumlah pelabuhan atau kota besar yang terkoneksi secara tidak langsung.

Ilustrasi Samudra Hindia (Reuters)

3 dari 6 halaman

Laut Terpanas

Tingginya temperatur air membuat Samudra Hindia dijuluki sebagai lautan terpanas di dunia. Kondisi ini menyulitkan fitoplankton untuk tumbuh, sementara makhluk ini dibutuhkan sebagai sumber makanan untuk mendukung kehidupan laut.

Ini adalah salah satu alasan utama mengapa kehidupan hewan laut di Samudra Hindia terbatas jika dibandingkan dengan lautan lainnya di dunia.

4. Memiliki sifat fisika dan kimia yang 'aneh'

Air di Samudra Hindia diketahui memiliki konsentrasi hidrokarbon baik yang terlarut mau pun mengambang tertinggi dibanding lautan lainnya. Kawasan ini pun mempunyai tingkatan salinitas terendah sekaligus tertinggi.

Samudra Hindia diketahui pula memiliki keseimbangan air paling negatif dibanding seluruh lautan lainnya di dunia mengingat penguapan air lautnya melampaui curah hujan dan aliran sungai.

4 dari 6 halaman

Dekat Pusat Gempa

5. Berbatasan dengan sejumlah lempeng tektonik

Kawasan Samudra Hindia berbatasan dengan sejumlah lempeng tektonik dan satu titik pertemuan tiga lempeng tektonik (Triple Junction) yaitu Rodrigues Triple Point.

Rodrigues Triple Point merupakan triple junction yang mempertemukan lempeng Afrika, Indo-Australia, dan Antartika.

6. Kandungan oksigen sangat rendah

Perairan di kawasan ini memiliki salah satu kandungan oksigen terendah di dunia. Ini dikarenakan tingkat penguapan yang lebih tinggi dibanding curah hujan.

5 dari 6 halaman

Cadangan Minyak Dunia

7. Lokasi sejumlah pelabuhan terpenting di dunia

Tiga pelabuhan di India seperti Chennai, Mumbai, dan Kolkata berada di Samudra Hindia. Tak hanya itu, ada pula Colombo di Sri Lanka, Richards Bay di Afrika Selatan, Jakarta di Indonesia, dan Melbourne di Australia.

Pelabuhan-pelabuhan ini tak hanya penting bagi perdagangan masing-masing negara, namun juga secara global.

Akses utama ke Samudra Hindia adalah melalui Terusan Suez di Mesir, Selat Malaka di Indonesia/Malaysia, Selat Hormuz di Iran/Oman dan Selat Bab el Mandeb di Djibouti/Yaman. Hal ini pula yang menambah nilai strategis pelabuhan-pelabuhan tersebut.

Ilustrasi Samudra Hindia (Reuters)

8. Menyimpan 40 persen cadangan minyak dunia

Samudra Hindia memiliki kontribusi tersendiri dalam perdagangan dunia. Selain menjadi rute navigasi dan kaya mineral, kawasan ini juga menyimpan cadangan minyak yang mampu memenuhi 40 persen produksi total minyak dunia.

6 dari 6 halaman

Lokasi Benua yang Hilang

9. Temuan benua yang sudah tenggelam

Fakta menarik lainnya adalah terdapat benua, Kerguelen Plateau, di Samudra Hindia. Benua mini ini secara bertahap tenggelam sekitar 20 juta tahun lalu.

10. Tertutup

Samudra Hindia yang menjadi muara dari sejumlah sungai seperti Sungai Zamezi, Tigris-Eufrat, Indus, Gangga, Brahmaputra dan Irrawady ini diklasifikasikan sebagai lautan yang tertutup karena bagian utaranya 'dikunci' oleh Benua Asia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini