Sukses

Hebat, Kopi RI 'Sabet' Juara di Australia

Kualitas tinggi kopi Nusantara pun dibuktikan di Negeri Kanguru, Australia. Dengan memenangkan sejumlah penghargaan.

Liputan6.com, Melbourne - Kopi dari Indonesia memang terkenal memiliki cita rasa tersendiri. Lezat dan khas. Jenisnya pun banyak serta berkualitas tinggi.

Sebagian besar bulir-bulir kopi dari penjuru Indonesia bahkan diekspor ke luar negeri. Indonesia pun ternyata ada di posisi tiga besar produsen kopi dunia.

Kualitas tinggi kopi Nusantara pun dibuktikan di Negeri Kanguru, Australia. Olahan genus coffea dari Tanah Air itu tercatat menjadi salah satu pemenang dalam kompetisi internasional bertajuk Australian International Coffee Awards.

"Kopi Arabika dari Indonesia, Tanamera menang dalam kompetisi kopi internasional di Australia," ujar salah satu panitia di Royal Melbourne Show kepada Liputan6.com beberapa waktu lalu di Ascot Vale, Victoria, Australia.

"Kopinya enak dan lezat, berhasil melawan peserta dari negara lain," imbuhnya.

Kopi Tanamera. (Instagram)

Informasi yang diperoleh Liputan6.com di Melbourne, TanaMera Coffee menggunakan jenis biji kopi arabika. Brand tersebut menyabet juara dalam 2 kategori yakni Champion International Roaster dan Champion Filter Coffe.

Kompetisi Australian International Coffee Awards digelar tahunan, diadakan oleh "Royal Agricultural Society of Victoria" (RSAV). Acara itu merupakan penilaian kualitas dan konsistensi pemanggangan kopi yang diikuti oleh 658 peserta dari berbagai negara seperti Australia, Kanada, Hong Kong, Indonesia, Korea, Malaysia, Selandia Baru, Singapura, Inggris, dan Amerika Serikat.

Selain itu, Tana Mera di Australia juga menyabet penghargaan lain seperti satu medali emas, lima medali perak, serta tujuh medali perunggu.

Kopi arabika Indonesia cukup terkenal di dunia, sehingga menempatkan Indonesia sebagai eksportir kopi spesial arabika terbesar ke-2 di dunia dengan volume mencapai 150 ribu ton ekspor per tahun.

Toko pertama Tanamera dibuka di Thamrin City. Kini sudah ada cabang lainnya di Pantai Indah Kapuk.

Kepala peracik minuman kopi handal itu adalah John Lee.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.