Sukses

Top 3: Menguak 5 'Markas' Militer Terbesar Sedunia

Liputan6.com, Jakarta - Situasi politik global yang menghangat kembali menjadi perhatian para pembaca Liputan6.com pada Rabu (26/10/2016) sore. Setelah soal arsenal nuklir, para pembaca pun menyoroti 5 kekuatan militer terbesar sedunia.

Sementara itu, para pembaca juga tertarik membaca ulasan tentang foto pertama Bumi yang diambil dari ruang angkasa. Siapa sangka, kamera untuk keperluan itu menumpang pada roket buatan ilmuwan Nazi yang dibawa ke Amerika Serikat setelah usai Perang Dunia II.

Teori kehancuran dunia seperti yang dideskripsikan dalam animasi yang diunggah Kurzgesagt di situs berbagi video juga banyak dibaca.

Berikut selengkapnya dalam Top 3 Global:

1. Ini 5 Negara dengan Kekuatan Militer Terbesar di Dunia

Pesawat tempur AS yang digunakan untuk menggempur ISIS di Suriah. (BBC)

Kehadiran militer dalam suatu negara dianggap menjadi hal penting. Beberapa negara di dunia bahkan berlomba-lomba menjadi yang terkuat di bidang ini.

Selama beberapa lama, jika diukur dari beberapa faktor seperti, personel aktif, jumlah alutsista dan APBN untuk militer, Amerika Serikat berada di nomor wahid dalam beberapa dekade terakhir hingga kini.

Meski sekarang tidak lagi memegang julukan adidaya, kekuatan militer AS tetap paling besar di seluruh dunia.

Namun, AS tidak melenggang sendirian di puncak. Negara lain seperti China dan Rusia perlahan mulai 'membayangi'.

Selanjutnya...


2. Foto Pertama Bumi dari Angkasa Luar Diambil dari Roket Nazi

Foto pertama Bumi yang diperoleh dengan menggunakan kamera film yang diikatkan ke sebuah roket (White Sands Missile Range/Applied Physics Laboratory)

Pada 24 Oktober 1946, peneliti White Sands Missile Range di New Mexico mengikat kamera film Devry 35-millimeter ke moncong roket V2 yang diambil dari Nazi dan menembakkannya ke angkasa luar.

Menurut laporan Tony Reichhardt dalam majalah Smithsonian’s Air & Space, roket tersebut ditembak lurus menuju angkasa hingga mencapai ketinggian 104 kilometer dan kembali lagi ke Bumi dengan kecepatan 548,64 kilometer per jam.

Kamera yang dilindungi oleh penutup baja itu, menangkap foto pertama Bumi dan berhasil mendarat kembali dengan selamat.

Selanjutnya...


3. Hal Sepele Ini Bisa Timbulkan 'Kiamat' dalam Sekejap?

Alam semesta terus berkembang pesat hingga saat ini (NASA)

Sejumlah ilmuwan mengungkap bahwa terciptanya kiamat bisa semudah seperti menekan sebuah tombol. Terlebih lagi, proses self-destruction atau penghancuran diri dari alam semesta akan menghapus segala sesuatu dan tak akan muncul hal baru lagi.

Teori tersebut dideskripsikan dalam animasi yang diunggah Kurzgesagt di situs berbagi video. Dalam rekaman dijelaskan bahwa dasar dari self-destruction terdiri dari konsep level energi dan stabilitas.

"Semakin tinggi level energi, maka terdapat lebih banyak energi di sebuah sistem," ujar narator dalam video berjudul The Most Efficient Way to Destroy the Universe – False Vacuum.

Selanjutnya...