Sukses

Indonesia-Australia 'Gandeng Tangan' Lewat Industri Mode

Tak sekedar mencerminkan keragaman karya desainer, fashion juga punya peranan penting untuk mengembangkan kerja sama antar kedua negara.

Liputan6.com, Jakarta - Para perancang busana Australia kembali meramaikan acara Jakarta Fashion Week untuk yang ketiga kalinya. Pada kesempatan kali ini, terdapat dua desainer yang akan memamerkan karyanya, yakni label Alpha60 dan HAN The Label.

Untuk menyambut hal tersebut, Kedutaan Besar Australia mengadakan Mini Runway Show. Bertempat di kediaman Duta Besar Paul Grigson, pada Selasa 25 Oktober 2016.

Dalam acara itu, dua label fashion tersebut masing-masing menampilkan tiga karya yang memiliki ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan, desainer muda Indonesia, Vinora, juga turut memamerkan rancangannya di Mini Runway Show.

Tak sekedar mencerminkan keragaman karya desainer, fashion juga memiliki peranan penting untuk mengembangkan kerja sama antar dua negara.

Ditemui dalam acara tersebut, Dubes Grigson mengatakan bahwa Australia dan Indonesia berbagi dalam banyak hal, di antaranya adalah rasa nyata dari kreativitas. Di bidang fashion, ia juga menyebut terdapat peningkatan kerja sama dalam pembuatan perhiasan.

"Ketika kita berbicara tentang fashion, biasanya kita berbicara tentang pakaian, dan Indonesia dengan Australia secara menarik ada peningkatan kerja sama dalam membuat perhiasan dan aksesoris," ujar Dubes Grigson.

"Dalam bidang fashion, tak hanya pakaian, tapi juga perhiasan dan aksesori yang menjadi area yang lebih luas untuk kolaborasi bagi kedua negara," imbuh dia.

Tak jauh berbeda dengan apa yang dikemukakan oleh Dubes Grigson, desainer Khim Hang dari HAN The Label mengungkapkan bahwa Indonesia merupakan pasar yang bagus untuk dunia fashion.

"Menurut saya, Indonesia merupakan pasar yang bagus untuk kami. Saya akan berfokus pada pasar di Jakarta," ujar Hang.

Hang juga mengatakan bahwa mode di Indonesia sangat luar biasa. Desainer dengan latar belakang pendidikan fine arts itu juga menyebut, terdapat banyak potensi dan bakat-bakat kreatif di sini.

"Indonesia memiliki gaya indah yang berbeda dalam pembuatan dan pakaian...Indonesia juga maju dalam bidang fashion seperti negara lain di dunia," kata desainer asal Brisbane itu.

Tim kakak beradik Alex dan Georgia Cleary dari label Alpha60 juga mengungkap, bahwa mereka mencoba melihat keadaan industri fashion di Indonesia.

"Indonesia sangat dekat dengan Australia. Di sana kami juga memiliki banyak pelanggan dari orang Indonesia dan mereka sangat menikmatinya. Jadi kami mencoba melihat keadaan di sini," ujar Alex Cleary.

Berikut cuplikan mini runway show di kediaman Dubes Paul Grigson tersebut:

Alpha 60 dan HAN The Label juga akan tampil di Jakarta Fashion Week yang digelar di Senayan City dalam panggung Australian Showcase pada Rabu (26/10/2016) pukul 15.30. Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop, rencananya juga akan menghadiri acara tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.