Sukses

Detik-detik Pilot Selamat Setelah Pesawat Gagal Mendarat

Pesawat itu gagal mendarat dengan lancar, akibatnya moncong pesawat menyentuh landasan terlebih dahulu.

Liputan6.com, Oklahoma City - Salah satu mimpi buruk bagi seorang pilot adalah kehilangan kendali kontrol pesawat pada saat momen menegangkan dalam penerbangan terjadi.

Hal tersebutlah yang terjadi pada seorang pilot pesawat komersial saat akan mendarat di Bandara Will Rogerd World, Oklahoma.

Seperti dikutip dari Mirror.co.uk, Jumat (21/10/2016), burung besi dengan nomor penerbangan A B200 yang bertolak dari Jacksonville, Florida, menuju Willey Post, Oklahoma, meminta izin untuk mendarat di Bandara Will Rogers World, setelah menyadari ada yang salah dengan mesin pesawatnya.

Saat mendapatkan izin dari otoritas bandara untuk mendarat, pilot kemudian merendahkan terbang pesawat saat mendekati landasan.

Namun ada yang aneh dengan burung besi tersebut. Menurut keterangan Jon Welsh yang sempat merekam kejadian tersebut dari ruang tunggu bandara, hidung pesawat semakin condong ke depan  ketika turun.

Dalam rekaman yang diambil pria itu terlihat, roda depan pesawat tidak berfungsi. Hal tersebut mengakibatkan A B200 mendarat darurat menggunakan bagian bawah hidung pesawat.

"Ada yang salah dengan roda depan pesawat. Pilot mencoba menurunkannya namun tak berhasil. Dia mencoba melakukan beberapa cara untuk menjaga pesawat tetap melaju stabil di landasan," kata Welsh.

Menurut keterangan Welsh pesawat itu terlihat 'maju-mundur', ketika pilot berusaha untuk menghindari situasi terburuk terjadi.

Setelah mencoba selama beberapa saat untuk menjaga hidung pesawat tak menyentuh landasan, akhirnya bagian bawah moncong burung besi 'mencium' lintasan.

Untungnya pesawat dapat mendarat dengan selamat, walaupun asap dapat terlihat keluar dari bagian bawah. Tim darurat pun segera menghampiri pesawat dan pilot -- yang merupakan satu-satunya orang di dalam A B200 itu -- selamat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini