Sukses

Ini Daftar 10 Bandara Terbaik dan Terburuk di Dunia Tahun 2016

Liputan6.com, Singapura - The Guide to Sleeping in Aiports mengeluarkan daftar 10 bandara terbaik dan terburuk bagi para penumpang, khususnya untuk mereka yang harus menginap ketika menunggu penerbangan selanjutnya.

Pada tahun ini, Changi International Aiport di Singapura menempati urutan pertama dengan meraih tiga gelar, yakni bandara terbaik untuk tidur, singgah, dan baik secara keseluruhan.

"Aku hampir menghabiskan delapan jam untuk singgah dalam perjalanan kedua dan masih merasa bahwa itu berakhir terlalu cepat untuk melihat segala sesuatu yang ingin saya lihat," komentar salah satu responden survei tentang Changi Airport.

Tak mengherankan jika Changi Airport menjadi salah satu bandara terbaik di dunia. Lounge gratis dan nyaman serta kursi pijat menjadi hal yang mudah ditemukan di bandara tersebut.

Bandara itu juga dilengkapi dengan taman kupu-kupu, kolam renang, dan bioskop. Tak puas sampai di situ, Changi sedang membangun hutan dalam ruangan yang dilengkapi dengan jalan pendakian serta pusaran air hujan setinggi 40 meter dan rencananya akan dibuka pada 2018.

Meski sering meraih penghargaan, Changi International Airport terus mengembangkan bandaranya (Jewel Changi/Changi Airport Group)

Sementara itu hal kontras dirasakan penumpang di King Abdulaziz International Airport Arab Saudi. Tahun ini, bandara yang berlokasi di Jeddah itu dinilai sebagai bandar udara terburuk.

Penumpang mengeluhkan antrean imigrasi di bandara yang tak dapat terduga, sedikitnya kursi di ruang tunggu, kurangnya kebersihan, dan jarangnya fasilitas penunjang.

"Empat belas jam di kursi logam, penerbangan yang tertunda, tidak ada listrik, dan hanya ada satu kamar kecil," ujar seorang responden.

Daftar yang diterbitkan oleh The Guide to Sleeping in Airports itu didasarkan pada jumlah pemilih dan nilai rata-rata. Untuk tahun ini, sejumlah negara di Asia mendominasi daftar banda terbaik dan diikuti oleh Eropa.

Pendatang baru yang masuk ke daftar bandara terbaik adalah Kansai International Aiport yang terletak di sebuah pulau buatan di Osaka Bay, Jepang, serta Talinn International Airport di Estonia, yang digambarkan sebagai tempat yang nyaman.

1 dari 2 halaman

Daftar 10 Bandara Terbaik dan Terburuk di Dunia

Seperti dikutip dari CNN, Jumat (21/10/2016), berikut daftar 10 bandara terbaik dan terburuk menurut The Guide to Sleeping in Aiports:

10 Bandara Terbaik di Dunia

1. Changi International Airport (Singapura)

2. Incheon International Airport (Seoul, Korea Selatan)

3. Haneda International Airport (Tokyo, Jepang)

4. Taoyuan International Airport (Taipei, Taiwan)

5. Munich International Airport (Jerman)

6. Kansai International Airport (Osaka, Jepang)

7. Vancouver International Airport (Vancouver, Kanada)

8. Helsinki International Airport (Vantaa, Finlandia)

9. Tallinn International Airport (Tallinn, Estonia)

10. Kloten International Airport (Zurich, Swiss)


10 Bandara Terburuk di Dunia

1. King Abdulaziz International Airport (Jeddah, Arab Saudi)

2. Juba International Airport (Juba, Sudan Selatan)

3. Port Harcourt International Airport (Port Harcourt, Nigeria)

4. Tashkent International Airport (Tashkent, Uzbekistan)

5. Santorini National Airport (Santorini, Yunani)

6. Chania International Airport (Kreta, Yunani)

7. Heraklion International Airport (Kreta, Yunani)

8. Simón Bolivar International Airport (Caracas, Venezuela)

9. London Luton International Airport (Luton, Inggris)

10. Tribhuvan International Airport (Kathmandu, Nepal)

Artikel Selanjutnya
Gelombang Panas Landa Wilayah Barat Daya AS, 6 Orang Tewas
Artikel Selanjutnya
27-6-1957: Inggris Ungkap Hubungan Merokok dan Kanker Paru-Paru