Sukses

Tanah Kuburan hingga Tulang Kucing, Ini 9 Jimat Sihir Mengerikan

Liputan6.com, Jakarta - Sihir merupakan praktik ilmu mitologi yang telah dilakukan sejak zaman nenek moyang. Dalam pelaksanaannya, banyak benda-benda di sekitar yang bisa dijadikan 'wadah' penampung kekuatan spiritual.

Salah satunya yang terkenal adalah penggunaan jimat. Beberapa orang yang percaya pada praktik sihir menyakini bahwa dengan membawa atau memiliki jimat, dapat membuat mereka terhindar dari marabahaya, sial, penyakit, dan kutukan.

Jimat bisa terbuat dari apapun yang dipercaya oleh penyihir atau dukun pemberi 'perlindungan' memiliki energi spiritual.

Dikutip dari Listverse.com, Sabtu (22/10/2016), berikut selengkapnya 10 benda aneh yang sering dijadikan jimat:

1. Tas Mojo

Tas Mojo (Listverse.com)

Tas Mojo atau 'doa dalam tas' merupakan jimat yang dipopulerkan di Afrika Barat. Tas jimat ini digunakan untuk menolak iblis, membawa keberuntungan, atau menarik lawan jenis.

Kebanyakan Tas Mojo terbuat dari kain flanel berwarna merah atau kain sutra. Setiap warna memiliki fungsi yang berbeda-beda. Seperti Mojo hijau digunakan untuk 'memikat' uang, dan Mojo putih untuk pemberkatan bayi.

Isi dalam tas bermacam-macam, tergantung pada tujuan penggunaan jimat tersebut. Mojo bisa berisi akar tumbuhan, obat alami, bagian tubuh hewan, mineral, dan kenang-kenangan.

Jika Mojo digunakan untuk memikat seseorang, maka tas itu harus berisikan rambut atau kuku jari orang yang bersangkutan. Semakin mendekati barang pribadi target isi Mojo, semakin kuat 'kekuatan' yang dikandungnya.

Sebelum digunakan tas Mojo harus dimanterai terlebih dulu. Seperti ritual asap atau cahaya lilin, dan dupa untuk menjadi 'nafas' Mojo.

Ketika digunakan, Mojo harus diberi 'makan' alkohol, parfum, air, dan cairan yang berasal dari tubuh. Agar berfungsi dengan efektif, Mojo harus disembunyikan.

Kaum pria biasanya menyembunyikan jimat tersebut dalam celana, sedangkan perempuan di dalam bra.

1 dari 9 halaman

2. Tulang Kucing Hitam

Dalam dunia spiritual, kucing hitam biasanya dikaitkan dengan kesialan. Namun, tulang hewan itu merupakan salah satu jimat yang paling berkhasiat.

Jimat tulang kucing hitam dipercaya dapat membuat penggunanya menjadi 'tak terlihat', membawa ketenaran, dan mengembalikan kekasih.

Tulang Kucing Hitam

Dalam dunia spiritual, kucing hitam biasanya dikaitkan dengan kesialan. Namun, tulang hewan itu merupakan salah satu jimat yang paling berkhasiat.

Jimat tulang kucing hitam dipercaya dapat membuat penggunanya menjadi 'tak terlihat', membawa ketenaran, dan mengembalikan kekasih.

Namun ada efek samping pada penggunaan jimat ini untuk mendongkrak popularitas. Mereka bisa berujung pada kematian.

Seperti yang terjadi pada penyanyi Blue, Sam taylor, yang mempelajari teknik memproduksi tulang kucing hitam dari neneknya -- seorang dukun terkenal.

Caranya, masukan kucing hitam ke dalam air mendidih dan rebus hingga tidak ada yang tersisa kecuali bulu dan tulang. Buang sisa rebusan itu ke sungai. Salah satu tulang kucing hitam itu akan mengapung dan itulah yang digunakan sebagai jimat.

2 dari 9 halaman

3. Ramuan Cuka

Four Thieves Vinegar adalah ramuan cuka yang berasal dari anggur merah, anggur putih, atau cuka apel, yang dicampurkan dengan rempah-rempah.

Ramuan ini sering digunakan sebagai perlindungan diri, pencegah penyakit, mengangkat kutukan, dan 'melenyapkan' musuh.

Four Thieves Vinegar (Listverse.com)

Menurut legenda, resep pembuatan jimat itu berasal dari kelompok pencuri dari Abad Pertengahan. Para pencuri itu sering menggunakan ramuan tersebut untuk merampok.

Namun seiring berjalannya waktu, ramuan itu dapat dibuat sesuai dengan permintaan pengguna. Umumnya yang digunakan ada dua jenis; ramuan untuk penggunaan internal dan eksternal.

3 dari 9 halaman

4. Debu Kematian

Goofer Dust merupakan bubuk hitam khusus yang terbuat dari debu tanah kuburan, kulit ular, garam, dan beberapa bahan lainnya.

Nama Goofer Dust sendiri berasal dari Bahasa Bantu 'Kufua' yang berarti 'kematian'. Debu ini digunakan untuk memberikan kutukan atau menyakiti seseorang.

Goofer Dust (Listverse.com)

Debu ini ditaburkan disepanjang jalan yang sering dilewati target, atau diletakkan di bawah bantal, dan rumah mereka. Saat terkena kutukan ini, target akan merasakan sakit menusuk-nusuk pada bagian kaki.

Rasa sakit itu akan diikuti dengan pembengkakan dan kelumpuhan. Pada orang yang tidak menyadari adanya sihir ini, mereka biasanya menganggap gejala tersebut sebagai penyakit gula.

Untuk menangkal terkena kutukan ini, tas atau wadah penampung Goofer Dust dapat digunakan sebagai jimat.

4 dari 9 halaman

5. Tumbuhan Khusus

Tumbuhan John The Conqueror merupakan jimat yang dapat dipadupadankan dengan Tas Mojo. Ramuan yang terdiri dari tiga jenis akar ini; high, low, dan chewing John, populer digunakan oleh budak dalam cerita rakyat Afrika-Amerika.

Low John terbuat dari akar bunga liar, trillium. Sedangkan Chewing John merupakan tumbuhan yang tergolong jenis jahe, yang digunakan untuk menyembuhkan sakit perut dan berfungsi mempengaruhi keputusan hukum.

Tumbuhan John the Conqueror (Listverse.com)

Sementara itu high John dbuat dari akar pohon bunga Terulak. Ketika kering akarnya akan terlihat seperti testis pria. Tidak heran ramuan ini sering dijadikan jimat seks.

Jimat John the Conqueror dapat digunakan untuk beberapa hal seperti mempermudah menghadapi rintangan, mendatangkan kekayaan, membawa keberuntungan, dan memperlancar asmara.

5 dari 9 halaman

6. Sihir Jejak Kaki

Jenis sihir jejak kaki merupakan salah satu jenis sihir spiritual yang populer di 'dunia hitam'.

Jika seseorang ingin meracuni musuh, mereka dapat menaburkan beberapa benda-benda sihir pada jejak kaki target.

Jejak kaki (Listverse.com)

Salah satunya seperti meletakkan batu, atau memasukkan tanah jejak kaki korban ke dalam botol. Sihir ini dapat membuat target mengalami sakit, kemalangan, amnesia hingga kematian.

Ramuan tradisional yang sering digunakan dalam praktik sihir ini adalah getah Arab, akar gantung, dan bubuk belerang. Jika ditambahkan dengan tanah kuburan dan kulit ular, berarti pengguna menginginkan kematian target.

6 dari 9 halaman

7. Pohon Botol

Jimat pohon botol populer dipraktikkan di kerajaan Afrika Barat pada Abad ke-9.

Pohon ini dapat digunakan sebagai jimat untuk membawa keberuntungan, menurunkan hujan, atau menangkap roh jahat yang berkeliaran di sekitar tempat tinggal.

Pohon Botol (Listverse.com)

Biasanya, mulut botol dimasukkan ke dalam ranting-ranting pohon. Dalam dunia sihir, botol berwarna biru lebih disarankan untuk membuat Pohon Botol.

Hal tersebut dikarenakan biru merupakan warna yang menggambarkan langit dan air, atau Surga dan Bumi -- kehidupan dan kematian.

7 dari 9 halaman

8. Tanah Kuburan

Menurut penduduk Bokongo di Afrika Tengah, tanah kuburan mengandung kekuatan sihir yang sangat kuat. Hal tersebut dikarenakan di dalam tanah itu ada roh orang-orang yang dikuburkan di tempat itu.

Namun pengguna tidak bisa mengambil secara langsung tanah dari kuburan. Benda itu harus dibeli. Hal ini menunjukkan adanya 'komunikasi' antara orang mati dengan orang hidup.

Pemkot Bogor siapkan 24 liang kubur jelang lebaran (Achmad Sudarno/Liputan6.com)

Pembeliannya tidak dengan uang, bisa menggunakan minuman atau sesuatu yang disenangi oleh orang mati itu sewaktu hidup.

Tanah kuburan bayi dipercaya dapat menjadi jimat keberuntungan. Sementara untuk hubungan asmara, tanah dari kuburan seseorang yang menyayangi Anda.

Jika pengguna jimat memiliki niat jahat, mereka bisa menggunakan tanah dari kuburan seorang pembunuh.

8 dari 9 halaman

9. Bola Tali

Jack Ball adalah kumpulan dari beberapa benda sihir yang dililit dengan menggunakan tali.

Jimat ini digunakan untuk keberuntungan dalam percintaan dan uang.

Jack Ball atau Bola Keberuntungan (Listverse.com)

Beberapa orang menggunakannya sebagai pendulum, untuk mencari tahu jawaban 'ya' atau 'tidak' atas sebuah pertanyaan.

Sama halnya dengan Tas Mojo, Jack Ball juga harus diberi makan untuk menjaga keefektifan kerjanya.

Seperti jenis jimat lainnya, Bola Keberuntungan ini juga bisa digunakan untuk melancarkan niat jahat.