Sukses

Top 3: Ini Dia Sosok Orang Terkaya di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Bicara soal orang terkaya sedunia, orang terbayang nama-nama seperti Bill Gates atau Warren Buffet. Tapi, nama-nama itu adalah orang terkaya pada masa kini.

Sosok orang terkaya di dunia ternyata menarik perhatian pembaca Liputan6.com pagi. Kaisar Mansa Musa I dari Mali diduga sebagai orang terkaya sedunia sepanjang masa.

Kemewahan tidak didapat dengan mudah, bahkan ada beberapa perhiasan mewah yang 'meminta' tumbal untuk mendapatkan atau menciptakannya. Misalnya mutiara La Peregrina yang mengacaukan kehidupan pernikahan artis Elizabeth Taylor.

Selanjutnya, berita yang tak kalah menarik adalah tentang temuan bangkai kapal selama Jerman pada masa Perang Dunia I. Menurut catatan sang kapten, kapal selam itu tenggelam akibat ulah makhluk misterius. Benarkah demikian?

Berikut Top 3 Global selengkapnya:

1. 5 Fakta Mencengangkan Haji Mansa Musa, Orang Terkaya di Muka Bumi

Siapa orang terkaya dalam sejarah? Bukan Bill Gates ataupun Henry Ford, namun Mansa Musa I, Kaisar Mali Abad ke-12.

Siapa orang terkaya di dunia? Sejumlah orang akan menjawab anggota dinasti paling tajir pada era modern seperti Rothschild, Rockefeller, atau Carnegie.

Lainnya menyebut para miliarder terkini seperti Bill Gates, Carlos Slim, Warren Buffet, Mark Zuckerberg, atau para sheik di Arab yang dikenal bergelimang harta.

Namun, fakta membuktikan, orang terkaya di muka Bumi adalah Musa Keita I, Mansa atau Kaisar Mali.

Mansa Musa I memimpin Kerajaan Mali di Afrika Barat pada tahun 1307. Ia menghasilkan keuntungan dengan mengeksploitasi kekayaan garam dan emas negaranya.

Selanjutnya...


2. 5 Perhiasan Mewah Terkutuk yang Menuntut 'Tumbal'

Harta karun kapal Spanyol ditemukan di Florida (Credit: 1715 Fleet Queens Jewels, LLC)

Emas, permata, berlian, safir -- sejumlah perhiasan punya reputasi mengerikan. Indah tapi mematikan.

Aksesoris itu konon bisa mendatangkan petaka bagi para pemiliknya, membunuh si empunya, atau setidaknya membuat mereka gila.

Namun, tak semua kisah benar adanya. Terkadang, cerita soal kutukan yang terkandung dalam sebuah perhiasan sengaja diciptakan untuk menarik pembeli.

Misalnya, mutiara La Peregrina milik Elizabeth Taylor. Perhiasaan itu diklaim turut andil terhadap kehidupan artis legendaris, yang kawin cerai hingga delapan kali.

Selanjutnya...


3. Ditemukan, Kapal Selam yang Ditenggelamkan 'Monster Laut'

Para peneliti belum bisa memastikan bahwa bangkai kapal yang ditemukan di lepas pantai Skotlandia adalah UB-85 yang misterius. (Sumber Scottish Power)

Sebuah kapal selam Jerman dari masa Perang Dunia I disebut-sebut ditenggelamkan oleh monster. Baru-baru ini, bangkai kapal selam tersebut ditemukan di dasar laut, lepas pantai Skotlandia.

Citra sonar yang ada menunjukkan bahwa bangkai kapal berusia sekitar 100 tahun itu masih lumayan utuh. Temuan itu mengusik kembali kisah hikayat kelautan tentang nasib kapal selam.

Dikutip dari CNN pada Kamis 20 Oktober 2016, para pakar menduga temuan itu adalah bangkai kapal selam UB-85 yang terkenal karena legenda selama ini disebut tenggelam akibat serangan monster laut.

Selanjutnya...