Sukses

Top 3: Kisah Gempa Dahsyat 'Penghancur' Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia adalah negara yang rentan gempa bumi. Kota Jakarta juga mengalaminya pada Rabu 19 Oktober 2016 lalu, meski pusat lindu berada jauh dari ibu kota. 

Ternyata, pada masa lalu, ada 2 gempa dahsyat yang pernah menghancurkan Jakarta. Kisah gempa tersebut menjadi pusat perhatian pembaca Liputan6.com pada Kamis (20/10/2016) sore.

Selain bencana alam, pada masa lalu orang mengkaitkan bencana atau nasib sial dengan kutukan tertentu, bahkan yang asalnya dari permata yang amat berharga. Kisah kutukan yang menyelimuti Hope Diamond juga menggelitik rasa penasaran pembaca.

Melanjutkan debat sebelumnya antar calon presiden Amerika Serikat, pada pembaca kembali mengikuti debat ke 3, yang merupakan debat terakhir sebelum pemilihan berlangsung pada awal November. Siapa pemenang debat kali ini menurut polling singkat?

Berikut adalah Top 3 Global selengkapnya

 1. Ini 2 Gempa Dahsyat yang Pernah 'Menghancurkan' Jakarta

Peta kota Batavia lama, cikal bakal Jakarta (Wikipedia)

Pada Rabu 19 Oktober 2016 pukul 07.25 WIB, gempa dengan kekuatan 6,5 skala Richter mengguncang pantai utara Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Meski pusat gempa berada di Laut Jawa pada kedalaman 120 km dan kedalaman 654 km, lindu lemah dan mengayun bisa dirasakan selama 5 hingga 8 detik. Warga Jakarta yang tinggal di gedung bertingkat dan apartemen merasakan guncangan yang lebih kuat.

"Jabodetabek termasuk daerah rawan gempa yang sumbernya bukan di wilayah itu tetapi dari daerah sekitarnya," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho.

Untuk itulah, dia menambahkan, bangunan-bangunan tinggi harus dibangun dengan konstruksi tahan gempa. "Bukan hanya bangunan yang perlu disiapkan tetapi manusianya juga harus disiapkan agar siap menghadapi gempa yang dapat terjadi kapan saja."

Selanjutnya...

 

2. Kisah Berlian 'Terkutuk' Hope Diamond dan 9 Korbannya

Hope Diamond (Smithsonian Institution)

Berlian telah memesona manusia selama berabad-abad dan bukan hal mengejutkan terdapat legenda serta takhayul yang turut menghiasi batu mulia itu.

Salah satu permata paling spektakuler di dunia adalah Hope Diamond, yakni berlian biru dengan berat lebih dari 45 karat dan diperkirakan bernilai seperempat miliar dolar (sekitar Rp 3,2 triliun).

Meski diberi secara gratis, ada beberapa orang yang berpikir dua kali untuk menerima berlian itu. Konon, Hope Diamond penuh dengan kutukan yang menyebabkan pemilik atau orang-orang yang bersinggungan dengannya akan mengalami nasib tragis.

Salah kisah kutukan paling terkenal adalah saat berlian itu dimiliki oleh Kerajaan Prancis.

Selanjutnya...


3. Debat Capres AS Berakhir, Pemenangnya Adalah...

Capres AS dari Partai Demokrat, Hillary Clinton melambaikan tangannya ke arah penonton ketika berjalan di podium perhelatan debat ketiga dan terakhir capres AS di University of Nevada, Las Vegas, Rabu (19/10). (REUTERS/Carlos Barria)

Debat final calon presiden Amerika Serikat baru saja selesai diselenggarakan pada Rabu 19 Oktober 2016 malam waktu setempat.

Pertarungan antara kedua capres, Donald Trump dan Hillary Clinton, berlangsung sengit. Kedua pihak saling serang pendapat dan terlihat mencoba memojokkan lawan mereka dalam ajang yang digelar di University of Nevada, Las Vegas.

Setelah 90 menit, pertandingan sengit antara capres Republik dan Demokrat itu pun berakhir. Para pendukung masing-masing kubu kini menanti siapa yang memenangi pertarungan pertama tersebut.

Selanjutnya...