Sukses

Trump Tuduh Hillary Hilangkan US$ 6 Miliar Saat Jadi Menlu

Hillary Clinton sempat menjabat menjadi Menlu dalam kabinet Presiden Barack Obama.

Liputan6.com, Nevada - Calon Presiden Partai Republik, Donald Trump, kembali mengeluarkan pernyataan kontroversial kepada lawannya Hillary Clinton. Kali ini ia menuduh Hillary telah melakukan kesalah besar saat menjabat Menteri Luar Negeri.

Kesalahan tersebut ada pada cara kelola keuangan yang dilakukan Hillary terhadap Departemen Luar Negeri AS. Dalam pandangannya, mantan ibu negara itu, telah menghilangkan uang miliaran dolar.

"Saat kau memimpin Departemen Luar Negeri, USD 6 milliar hilang. Mungkin itu dicuri, tak ada yang tahu," sebut Trump, Kamis (20/10/2016).

Pernyataan Trump ini merujuk pada audit yang dilakukan terhadap Departemen Luar Negeri AS 2014 lalu.

Tudingan Trump tak sepenuhnya benar. Pasalnya, Inspektur Jenderal Departemen Luar Negeri AS telah mengeluarkan konfirmasi.

Mereka memastikan tidak ada uang yang hilang. Hal tersebut juga sudah terbukti melalui audit indpenden.

Deplu AS dalam pernyataan di Washington Post, menyatakan miliaran yang hilang itu adalah dokumen-dokumen kerja mereka di Irak, Afghanistan dan Afrika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.