Sukses

Video Ini Membuktikan Gajah Tak Pernah Lupa 'Balas Budi'

Gajah disebut-sebut sebagai salah satu hewan yang tidak pernah melupakan kebaikan manusia. Hal tersebut dibuktikan oleh seekor anak gajah.

Liputan6.com, Bangkok - Sebuah rekaman video membuktikan bahwa gajah tak pernah lupa. Hewan itu juga akan selalu ingat jasa manusia yang pernah berbuat baik kepadanya.

Kham Lha, seekor anak gajah di Elephant Nature Park di Chiang Mai, Thailand, terekam berlari, mengarungi sungai, demi menyelamatkan pelatih kesayangannya yang dikiranya tenggelam.

Anak gajah betina itu mengira, sang pelatih tak bisa berenang dan bergegas untuk menolong pria yang terlihat seolah sedang diseret arus air sungai tersebut.

Padahal, seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (17/10/2016), sang pelatih Darrick Thomson, hanya berpura-pura tenggelam dan berteriak meminta pertolongan.

Dalam rekaman dapat terlihat anak gajah itu berenang ke arah Darrick yang berada di sisi lain sungai.

Kham Lha melilitkan belalainya di badan Darrick untuk menyelamatkan pria yang pura-pura tenggelam itu (Dailymail.com)

Setelah cukup dekat dengan Darrick, gajah 5 tahun itu langsung menggunakan belalainya untuk menggendong sang pelatih keluar dari sungai.

Kham Lha lalu meletakkan salah satu kakinya di sisi Darrick, mencegah agar pria 47 tahun itu tak hanyut lagi.

Kham Lha melilitkan belalainya di badan Darrick untuk menyelamatkan pria yang pura-pura tenggelam itu (Dailymail.com)

Dalam rekaman tersebut Darrick terlihat tersenyum ke arah kamera, setelah berhasil membuat Kham Lha berlari menyelamatkannya.

Darrick, yang berasal dari Toronto, Ontario, mengatakan bahwa dia dan Kham Lha menjalin hubungan 'tak terpisahkan' sejak dia menyelamatkan gajah kecil itu dan membawanya ke cagar alam tahun lalu.

"Kham Lha berada dalam kondisi yang sangat tidak baik ketika kami mengambilnya. Dia diikat dan dipaksa untuk menjalani latihan keras. Rencananya dia akan dijadikan atraksi hiburan wisatawan," kata Darrick.

Kham Lha meletakkan Darrick di antara kakinya untuk mencegah pria itu hanyut (Dailymail.com)

"Kami memberi dia makan dan membantunya untuk kembali pulih. Kham Lha menjadi sangat dekat denganku dan kami membentuk hubungan yang kuat," kata dia.

"Aku terjun ke sungai hanya untuk membuktikan bahwa hewan dan manusia dapat memiliki ikatan yang kuat. Dan jika kita memberikan kebaikan dan kehangatan kepada mereka, mereka juga akan memperlakukan kita dengan baik," ujar pelatih itu.

Teknik melatih dengan ikatan dan cambukan, yang dikenal dengan nama crushing, populer digunakan di Thailand untuk melatih gajah.

Hal tersebut dilakukan agar binatang berbelalai itu patuh saat akan dikendarai oleh wisatawan di taman hiburan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.