Sukses

Kedutaan AS Beri Pelatihan Jurnalistik ke 3 Ponpes di Kalimantan

AS mengajarkan dasar jurnalistik bagi santri di Balikpapan, Samarinda dan Banjarmasin.

Liputan6.com, Balikpapan - Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia memberikan pelatihan jurnalistik bagi sejumlah pondok pesantren di Kalimantan. 

Pihak Kedubes menggandeng Lembaga Swadaya Masyarakat Lentera dan Persatuan Jurnalis Muslim Indonesia guna memberikan pelatihan dasar jurnalistik tersebut.

Ada tiga pesantren yaitu di di Balikpapan, Samarinda dan Banjarmasin yang mendapat kesempatan untuk belajar jurnalistik dari Kedutaan AS.

“Pelaksananya dilakukan secara bertahap di tiga kota Kalimantan. Pelatihan dilakukan pertama kali di ponpes Mujahiddin Balikpapan pada pekan lalu,” kata Asisten Informasi Kedutaan Amerika Serikat di Indonesia, Kresna S Soegio di Balikpapan, Senin (17/10/2016).

Kresna mengatakan pihaknya mengenalkan teknik dasar penulisan berita sesuai konsep 5W1H pada 49 santriwati Ponpes Mujahiddin Balikpapan. Para pemberi materi juga menyampaikan materi dasar jurnalistik lainnya seperti teknik wawancara hingga fotografi.

Selain dasar jurnalistika, Kedutaan AS di depan para santri di Balikpapan turut mengajarkan beberapa hal lain. Di antaranya mengenalkan soal hak asasi manusia dan persamaan gender.

“Fokus utama peningkatan kemampuan SDM ponpes di Indonesia,” ucap dia.

Kresna pun berharap program jurnalistik ini mampu menekan permasalahan aksi radikalisasi di sejumlah ponpes di Indonesia. Persoalan itu. menjadi perhatian serius bukan hanya pemerintah Indonesia namun juga bagi Amerika Serikat.

“Kalaupun bisa menekan radikalisasi akan menjadi hal positif bagi kami,” tuturnya.

Kedutaan Amerika Serikat sudah kedua kalinya menggelar pelatihan jurnalistik bagi sejumlah ponpes di Indonesia. Setahun lalu, mereka juga memberikan pelatihan jurnalistik santriwan/santriwati di ponpes Semarang, Solo dan Yogjakarta.


 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini