Sukses

Top 3: 'Horor' 5 Temuan Ilmiah di Dunia Sains

Liputan6.com, Jakarta - Pada Senin (17/10/2016) pagi, para pembaca Liputan6.com paling tersedot perhatiannya membaca ulasan-ulasan bernuansa ilmiah. Dimulai dengan 5 temuan ilmiah yang sebenarnya menambah pengetahuan, tapi juga mengundang perasaan ngeri, misalnya bunyi-bunyian aneh di planet Jupiter.

Lalu terkait penjelasan rasa 'ketindihan' yang dialami beberapa orang selagi tidur.

Terakhir, rahasia umur panjang rata-rata masyarakat Jepang yang disebut-sebut berkaitan dengan jenis makanan yang dikonsumsi warganya.

Berikut Top 3 Global selengkapnya:

1. 5 Temuan Terbaru yang 'Menyeramkan' di Dunia Sains

Ilustrasi 'killer robots' (Melinda Sue Gordon)

Mungkin sebagian orang menilai sains sangat rumit sehingga tak mengherankan jika ilmu pengetahuan dianggap membosankan.

Namun pada kenyataannya, banyak hal menarik dapat ditemukan jika setiap individu mengetahui bidang apa yang paling mereka sukai di dalam sains. Termasuk di antaranya golongan penyuka hal-hal 'menyeramkan'.

Sejumlah penelitian terbaru dari dunia sains, mengungkap penemuan menyeramkan dari berbagai bidang, mulai dari angkasa luar hingga hal-hal yang dekat dengan kita.

Selanjutnya...


2. 3 Penyebab 'Ketindihan' Menurut Berbagai Kisah di Dunia

Ilustrasi ketindihan (Wikipedia/Henry Fuseli)

Kondisi yang disebut sleep paralysis atau kelumpuhan tidur telah menimbulkan ketakutan sejak berabad-abad lalu. Sejumlah cerita menyeramkan dari budaya yang berbeda mencoba untuk menjelaskan penyebab kondisi 'ketindihan' itu.

Menurut penelitian yang dipimpin oleh Jose F.R. de Sa dari Jungian Institute of Bahia in Brazil yang dikutip dari Live Science, Minggu 16 Oktober 2016, kondisi 'ketindihan' sebenarnya dapat dijelaskan secara ilmiah.

Namun sebuah paparan yang dipublikasi di jurnal Frontiers in Psychology mencoba menjelaskan pengalaman menakutkan itu. Terdapat beberapa versi, mulai dari penculikan alien hingga setan yang duduk di dada.

[Selanjutnya...](2627525/ "")


3. 5 Makanan 'Rahasia' Umur Panjang Orang Jepang

Sebelum Anda memenuhi undangan makan bersama teman dari Jepang atau China, ada baiknya menambah wawasan tentang cara menggunakan sumpit.

Sudah jadi rahasia umum kalau warga Jepang mayoritas berumur panjang. Semasa hidup, mereka juga diketahui hampir selalu berada dalam kondisi sehat.

Sampai saat ini mungkin masih banyak yang belum tahu alasannya. Namun sejumlah ahli menyatakan, orang Jepang memiliki kesehatan yang prima dan umur panjang karena makanannya.

Seorang Ahli Nutrisi dari London, Cassandra Barns pun mengungkapkan 5 makanan diet dari Jepang yang bisa membantu memperpanjang usia.

Selanjutnya...